Pemprov Jabar Kucurkan Bonus 4,6 Milyar Bagi Atlet Jabar

IMG_20140528_103654ARCOM.CO.ID ,Bandung. Pemerintah Provinsi Jawa Barat akhirnya menyerahkan penghargaan berupa bonus uang sebesar 4,6 Milyar rupiah lebih kepada Kontingen Jawa Barat yang telah berlaga di Sea Games XXVII / 2013, dan Asean Para Games VII / 2014 di Myanmar.

Acara penyerahan bonus (Kadeudeuh) dan penghargaan kepada Kontingen Jabar berlangsung, Rabu, (28/5/2014), di Hotel Horison jalan Pelajar Pejuang Bandung, turut hadir Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Jawa Barat Yudha M. Saputra, dan puluhan atlet Jawa Barat.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Jabar dan Masyarakat, saya mengucapkan terima kasih kepada para atlet Jabar yang telah berlaga di Sea Games dan Asean Para Games”, kata Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar di awal sambutannya.

“Prestasi olahraga tidak bisa dibentuk secara instan, namun penghargaan tetap perlu diberikan kepada para atlet dan pelatih”, kata Deddy Mizwar, “Pemprov Jabar memberikan hadiah uang bagi para atlet agar semakin memicu semangat dan prestasi para atlet Jabar”, ujarnya.

Lebih lanjut Deddy Mizwar mengakui bahwa hadiah dan penghargaan bagi para atlet Jawa Barat masih rendah, “Kejuaraan Domba saja juaranya mendapat 7,5 juta rupiah, masa atlet kalah”, ujarnya.

Deddy Mizwar mengingatkan bahwa Jawa Barat di tahun 2016 akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-19, “Jawa Barat harus mampu sukses dalam penyelenggaraan dan berprestasi”, katanya, “Jawa Barat terakhir kali menjadi juara umum PON tahun 1961 atau 53 tahun yang lalu”, ungkapnya.

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Jawa Barat Yudha M. Saputra dalam laporannya mengatakan bahwa bonus atau biasa disebut “Kadeudeuh”, diberikan kepada Kontingen Jabar yang telah berlaga di Sea Games XXVII / 2013 Myanmar sebanyak 164 orang, yang terdiri dari 127 atlet, 29 pelatih, 8 wasit, juri, dan teknisi.

Sedangkan Kontingen Jabar yang berlaga di Asean Para Games VII / 2014 di Myanmar sebanyak 45 orang, yang terdiri dari 27 atlet dan sisanya Official.

“Atlet Jabar yang berlaga di Sea Games XXVII / 2013 Myanmar menyumbang 41 emas, 56 perak, dan 96 perunggu, atau memberikan kontribusi sebesar 63 persen”, kata Yudha, “Sedangkan Kontingen Jabar yang berlaga di Asean Para Games VII / 2014 di Myanmar menyumbang 28 emas, 15 perak, dan 15 perunggu, atau memberikan kontribusi sebesar 28 persen”, ujarnya.

Lebih lanjut Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Jawa Barat Yudha M. Saputra mengatakan bahwa uang “Kadeudeuh” untuk kontingen Sea Games sebesar 3,436 milyar rupiah, sedangkan bonus bagi kontingen Asean Para Games sebesar 1,174 milyar rupiah, “Semoga bonus bagi atlet PON lebih besar lagi”, kata Yudha di akhir paparannya. (Bagoes Rinthoadi)