STP Bandung Akan Kembangkan Pariwisata Cirebon

IMG_20140531_125657ARCOM.CO.ID ,Bandung. Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung siap menjalin kerjasama dan mengembangkan sektor pariwisata Cirebon.

Hal ini dikatakan Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung Anang Sutono di sela-sela Konferensi Pers Wisuda Program Pasca Sarjana, Sarjana, Diploma IV dan III STP Bandung, Sabtu, (31/5/2014), di Gedung Ciremai STP Bandung jalan Setiabudhi.

Turut hadir Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya dan Ekonomi Kreatif I Gede Pitana, dan Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon Arief Natadiningrat.

“Ada komitmen STP Bandung dengan Kementerian Pariwisata bahwa kami akan Intens membantu pariwisata Cirebon”, kata Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung Anang Sutono di awal paparannya.

“Kami sudah mengklaster sektor pariwisata Cirebon, dan kami akan membantu dalam hal pendidikan, pelatihan, dan Research Project”, kata Anang, “Semua ini dalam rangka pengabdian kepada masyarakat”, ujarnya.

“Di Cirebon kita akan fokus kepada kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)”, ungkap Anang, “Kita akan bantu ekspose destinasi wisata, kuliner dan Event-Event yang ada di Cirebon”, tegasnya.

Lebih lanjut Anang mengatakan bahwa selama ini STP Bandung telah banyak membantu pariwisata di kota Bandung, Kabupaten Bandung, Garut, dan Ciamis, “Saat ini Cirebon akan kita prioritaskan, karena kompleksitas dan kekuatan budaya Cirebon tinggi”, kata Anang di akhir paparannya.

Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon Arief Natadiningrat dalam penjelasannya mengatakan bahwa Cirebon merupakan salah satu potensi budaya yang dimiliki Jawa Barat, “Saya senang budaya Cirebon diangkat oleh STP Bandung”, kata Arief.

Lebih lanjut Arief mengatakan bahwa di tahun 2014 sepuluh hotel baru telah dibangun di Cirebon, “Masih banyak hotel-hotel baru yang akan di bangun di Cirebon”, katanya, “Belum lagi akan ada pembangunan Bandar Udara Internasional Kertajati”, ujarnya.

“Beberapa tahun ke belakang setiap setahun sekali kapal pesiar datang ke Cirebon”, kata Arief, “Sekarang setiap sebulan sekali kapal pesiar dari Inggris, Prancis, dan Australia datang ke Cirebon”, ungkapnya.

Arief menjelaskan bahwa pada 11 Juni 2014 Cirebon akan mendatangkan 100 Travel, “Cirebon potensi pariwisatanya besar namun masih sedikit tertinggal”, kata Arief di akhir penjelasannya.

STP Bandung di tahun 2014 melakukan kegiatan Wisuda dengan wisudawan sebanyak 546 orang, ITHM 6 orang, Pasca Sarjana 23 orang, Sarjana 60 orang, Diploma IV 157 orang, dan Diploma III 300 orang.

Saat ini STP Bandung sedang melakukan Preliminary Visit dalam rangka penelitian awal pembangunan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) di Indonesia, rencananya STP akan di bangun di Aceh, Palembang, dan Malang / Kediri. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.