Anang Sutono: Travel Mart 2015 Akan Dihadiri Negara ASEAN

IMG_20140604_003318ARCOM.CO.ID ,Bandung. Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung Anang Sutono mengatakan bahwa kegiatan Travel Mart di tahun 2015 akan menghadirkan negara-negara ASEAN.

Hal tersebut diungkapkan Anang Sutono di sela-sela pembukaan Travel Mart 2014, Selasa, (3/6/2014), di Dome STP Bandung jalan Setiabudi Bandung, turut hadir Ketua Program Studi Manajemen Bisnis Perjalanan (MBP) Ina Veronika Ginting, dan Kepala Humas STP Bandung Budi Wibowo.

“Travel Mart 2015, STP Bandung akan mendatangkan ASEAN Countries”, kata Ketua Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung Anang Sutono, “Jadi tahun depan Booth-Booth Travel Mart akan diisi negara-negara ASEAN”, ujarnya, “Hal ini dilakukan agar ada penguatan dan proses pembelajaran yang lebih bagus dari Travel Mart”, tegasnya.

“Travel Mart 2015 akan lebih memperkenalkan produk-produk Indonesia kepada ASEAN Countries”, kata Anang, “Kompetisinya akan menjadi luar biasa”, ujarnya.

Lebih lanjut Anang mengatakan bahwa setidaknya akan ada lima sampai enam negara ASEAN yang akan ikut dalam Travel Mart 2015, “Hal ini sejalan dengan ASEAN Economic Community (AEC)”, katanya.

“STP Bandung sudah berkomunikasi dengan kedutaan-kedutaan besar di ASEAN agar bisa memback up kegiatan Travel Mart 2015”, ujar Anang.

Mengenai kegiatan Travel Mart 2014, Anang mengatakan bahwa Travel Mart merupakan sebuah simulasi tetapi yang sebenar-benarnya terjadi, “Ada Buyer, Wholeseller, dan ada Provider”, ungkap Anang, “Konsep dari Travel Mart ini akan menjadi sebuah pemahaman yang utuh bagi proses pembelajaran mahasiswa STP Bandung tentang bagaimana The Real Concept Travel Mart”, katanya.

“Yang ditonjolkan Travel Mart yaitu seolah-olah mahasiswa memiliki kemampuan bertransaksi dalam sebuah dunia bisnis pariwisata”, ujar Anang, “Nilai total transaksinya akan ketahuan di hari terakhir”, kata Anang di akhir wawancara.

Ketua Program Studi Manajemen Bisnis Perjalanan (MBP) Ina Veronika Ginting menjelaskan bahwa penyelenggaraan Travel Mart tahun lalu (2013) berlangsung sukses, “Travel Mart 2013 berhasil mendatangkan 1100 pengunjung”, kata Ina, “Target Travel Mart 2014 adalah mampu mendatangkkan 1200 pengunjung”, ujarnya.

“Travel Mart 2013 kami bisa menjual secara simulasi sekitar USD 1 juta”, kata Ina, “Tahun 2014 kita targetkan lebih dari USD 1 juta”, tegasnya.

“Daerah-daerah yang kita ambil dalam Travel Mart 2014 merupakan daerah-daerah yang eksotik dan tidak terlalu terkenal”, kata Ina, “Kami fokus di luar pulau Jawa”, tegasnya.

“Provinsi unggulan dalam Travel Mart 2014 diantaranya, Maluku, Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Manado dan Toraja”, kata Ina di akhir penjelasannya.

Travel Mart merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Jurusan Perjalanan STP Bandung sejak tahun 1999.

Travel Mart 2014 mengangkat tema The Exotism of Indonesia dengan Tagline, “Deep, Extreme and Exotic Indonesia”. (Bagoes Rinthoadi)