Badan Kepegawaian Negara Resmikan Fasilitas Computer Assisted Test

Eko SutrisnoARCOM.CO.ID ,Bandung. Badan Kepegawaian Negara akhirnya meresmikan fasilitas Computer Assisted Test (CAT) untuk menjawab tuntutan masyarakat akan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang bersih dan akuntabel.

Peresmian fasilitas CAT bersamaan dengan rekrutmen CPNS Kementerian Hukum dan HAM berlangsung, Senin, (16/6/2014), di Aula Kantor Regional III Badan Kepegawaian Negara jalan Surapati Bandung, turut hadir Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Sutrisno.

“Sistem seleksi CPNS sangat krusial karena menyangkut kepercayaan masyarakat”, kata Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Sutrisno di awal wawancara, “Dengan memakai sistem Computer Assisted Test (CAT), maka transparansinya jelas”, ujarnya.

“Peserta ujian CPNS dapat langsung melihat dan memperoleh hasil tes bila menggunakan sistem CAT”, kata Eko, “Tetapi bila menggunakan Lembar Jawaban Komputer (LJK), maka peserta ujian baru dapat melihat hasil tesnya satu atau dua bulan kemudian”, ungkapnya.

“Sistem LJK menimbulkan praktek percaloan, karena hasil jawaban peserta diinapkan”, kata Eko, “Sistem CAT merupakan awal dari reformasi birokrasi yang bebas KKN dan proses rekrutmen yang transparan”, tegasnya.

Lebih lanjut Eko mengatakan bahwa tidak ada sistem yang sempurna, “Pengembangan sistem CAT akan terus dilakukan”, katanya, “Hingga saat ini sistem CAT berjalan lancar dan tidak ada Error”, ujarnya.

“Sistem CAT didesain Badan Kepegawaian Negara sejak tahun 2007, pada waktu itu belum banyak instansi yang menggunakan”, ungkap Eko, “Hingga tahun 2013 sudah 50 instansi, 8 Provinsi dan 15 Kab/Kota yang menggunakan sistem CAT”, ungkapnya.

“Sesuai arahan Wakil Presiden RI Boediono, maka mulai tahun 2014 seluruh institusi diwajibkan menggunakan sistem CAT”, tegas Eko.

Untuk pembuatan soal ujian, Eko menjelaskan bahwa BKN tidak ahli membuat soal, “Kita bekerjasama dengan pihak Perguruan Tinggi”, katanya, “Namun BKN memiliki 50.000 bank soal”, ujarnya, “Masyarakat harus yakin akan sistem CAT ini”, tegas Eko di akhir wawancara.

Computer Assisted Test berisikan tiga kelompok tes, diantaranya Tes wawasan kebangsaan dengan nilai 70, Tes IQ dengan nilai 75, dan Tes Integritas dan Kejujuran dengan nilai 105.

Dengan Computer Assisted Test, masyarakat sudah tidak bisa melakukan praktek titip menitip Calon Pegawai Negeri Sipil.

Tahun 2014 rekrutmen 100.000 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baik di pusat dan daerah akan berlangsung di bulan Juli hingga Agustus dengan menggunakan sistem CAT. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.