Hadapi Angkutan Lebaran 2014 PT KAI Daop 2 Maksimalkan Pelayanan

IMG_20140718_182834ARCOM.CO.ID ,Bandung. PT Kereta Api Indonesia (KAI) wilayah Daop 2 Bandung pada masa angkutan lebaran tahun 2014 berupaya memaksimalkan pelayanan kepada semua pengguna jasa kereta api.

Hal tersebut terungkap dalam acara buka puasa PT KAI Daop 2 Bandung bersama Media, Jumat, (18/7/2014), di RM Bumbu Desa jalan Pasirkaliki Bandung.

Turut hadir Kepala PT KAI Daop 2 Bandung Sugeng Saputro, Deputi PT KAI Daop 2 Bandung Niko Tiyanto, dan Kepala Humas PT KAI Daop 2 Bandung Zunerfin.

“Diharapkan perjalanan kereta api selama masa angkutan lebaran tahun 2014 aman, lancar, terkendali, dan sehat”, kata Kepala PT KAI Daop 2 Bandung Sugeng Saputro di awal paparannya, “Masa angkutan lebaran 2014 merupakan barometer kesuksesan di tahun yang akan datang”, tegasnya.

“Petugas PT KAI akan secara khusus menjaga daerah-daerah rawan”, tegas Sugeng, “Terutama daerah Banjar perlu diwaspadai”, kata Sugeng, “Moga-moga cuaca di sana bersahabat”, ujarnya.

Dalam acara ini Kepala PT KAI Daop 2 Bandung Sugeng Saputro berkesempatan memperkenalkan Deputi PT KAI Daop 2 Niko Tiyanto, “Pak Niko baru bergabung, diharapkan Media memberi input yang baik kepada PT KAI”, kata Sugeng di akhir paparannya.

Kepala Humas PT KAI Daop 2 Bandung Zunerfin menjelaskan bahwa masa angkutan lebaran dimulai dengan posko pemantauan angkutan lebaran (18/7-7/8/2014), dan posko pemantauan operasi (21/7-5/8/2014).

“Daop 2 Bandung telah menyiapkan 29 lokomotif dan 134 kereta untuk melayani 50 perjalanan kereta api jarak jauh dan sedang”, ungkap Zunerfin, “Terdiri dari 42 perjalanan kereta api reguler dan 8 kereta api tambahan”, katanya.

“Total tempat duduk yang tersedia sebanyak 12.280 dengan rincian 7720 tempat duduk kereta api reguler dan 4560 tempat duduk kereta api tambahan”, ujar Zunerfin.

Lebih lanjut Zunerfin mengatakan bahwa masa puncak angkutan lebaran tahun 2014 diprediksi akan terjadi pada H1-1 untuk pra Lebaran dan H2+1 untuk angkutan purna Lebaran, “Dalam 16 hari masa pemantauan operasi angkutan Lebaran diperkirakan akan terangkut 159.651 penumpang, dengan puncaknya 10.555 penumpang untuk pra Lebaran, dan 11.238 penumpang untuk purna Lebaran”, katanya.

“Daop 2 Bandung telah menyiapkan sejumlah posko diantaranya, Stasiun Bandung, Kiaracondong, Purwakarta, Plered, Banjar, Tasikmalaya, Cibatu, Cipendeuy, Cimahi, Rancaekek, dan Padalarang”, kata Zunerfin.

Zunerfin menghimbau kepada calon pengguna kereta api untuk menjadwal ulang perjalanannya, mengingat tiket yang habis hanya pada tanggal-tanggal tertentu saja, selain itu diharapkan calon pengguna kereta api terus memantau situs penjualan tiket Online untuk mengetahui adanya pembatalan tiket dari calon pengguna kereta api lainnya.

“Dengan berat hati bila beberapa opsi belum membuahkan hasil, maka PT KAI Daop 2 Bandung menghimbau agar calon pengguna kereta api mencari alternatif transportasi lainnya, dikarenakan keterbatasan kapasitas tempat duduk yang ada”, kata Zunerfin di akhir paparannya. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.