Yopi Gunawan: Kami Siap Mendampingi Yurel

IMG_20140927_233012ARCOM.CO.ID ,Bandung. Kasus tersebarnya foto adegan syur penyanyi Rinada (34 thn) yang menggunakan seragam Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkot kota Bandung memasuki babak baru, dikarenakan pihak Rinada meminta penyidik kepolisian meningkatkan status Yuri Astrada (31 thn) alias Yurel menjadi tersangka.

Yopi Gunawan selaku Kuasa hukum Yurel menegaskan bahwa apabila sudah ada laporan dari pihak Rinada ke kepolisian, dirinya bersama Kantor Hukum Yopi Gunawan akan mendampingi Yurel, “Kami siap mendampingi Yurel selaku terlapor,” tegas Yopi.

Hal tersebut ditegaskan Yopi Gunawan kepada para wartawan, Jumat, (26/9/2014), di ruang kerja Kantor Hukum Yopi Gunawan jalan Baranangsiang ITC Kosambi Bandung.

“Pada hari Jumat, (26/9/2014), Yurel dan Rinada dilakukan konfrontrir oleh pihak kepolisian dikarenakan keterangan keduanya berbeda,” kata Yopi Gunawan di awal paparannya, “Pihak Polrestabes Bandung memanggil keduanya sebagai saksi untuk dikonfrontir seputar pembuatan video syur,” ujarnya.

“Namun kami tidak bisa menceritakan proses konfrontir yang dilakukan pihak Polrestabes Bandung, karena hal tersebut sudah masuk ke dalam penyidikan kepolisian,” kata Yopi.

Lebih lanjut Yopi mengungkapkan dirinya selaku kuasa hukum Yurel baru mengetahui bahwa Rinada melaporkan Yurel ke Polrestabes Bandung, “Tentang laporan sudah diterima atau belum oleh pihak Polrestabes Bandung kami belum mengetahuinya,” ujarnya, “Apabila sudah ada laporan, kami siap mendampingi Yurel selaku terlapor, namun kami harus mempelajari dan melihat laporan Rinada terhadap Yurel,” tegasnya, “Kemungkinan Rinada menyangka Yurel yang menyebarkan foto-foto syur tersebut,” kata Yopi di akhir paparannya.

Yuri Astrada alias Yurel ketika ditemui di Kantor Hukum Yopi Gunawan mengatakan dirinya tidak mengetahui bahwa Rinada telah melaporkan dirinya kepada pihak kepolisian, “Tetapi bila ada laporan yang tidak benar, saya akan melaporkan balik Rinada ke kepolisian,” tegasnya. “Jujur sampai saat ini saya tidak tahu kalau Rinada melapor, namun saya akan bicarakan dulu masalah ini dengan pengacara saya, dan apabila Rinada melakukan fitnah, saya akan lapor balik,” kata Yurel di akhir wawancara.

Pembuatan video syur Rinada dan Yurel yang ketika itu masih berstatus suami-isteri di lakukan pada tahun 2011 di kediaman Yurel di komplek Damar Mas Kabupaten Bandung.

Yurel mengaku pembuatan video syur dirinya dengan Rinada dibuat untuk koleksi pribadi dan direkam secara sadar atas dasar kesepakatan bersama.

Menurut Yurel, potongan adegan video syur tersebut disimpan di Handphonenya, namun ketika itu alat komunikasi tersebut hilang, akhirnya foto adegan syur tersebut tersebar di dunia maya, dan yang membuat kasus ini heboh adalah Rinada di dalam foto syur tersebut memakai seragam PNS Pemkot Bandung. (Bagoes Rinthoadi)