Lotte Mart Festival Citylink Bandung Akhirnya Disidak

IMG_20141002_023922ARCOM.CO.ID ,Bandung. Lima Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Bandung yang terdiri dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung, Dinas Kesehatan, Badan POM Bandung, Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan, dan Satpol PP akhirnya melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) terhadap pasar swalayan Lotte Mart, Selasa, (30/9/2014), di Festival Citylink Bandung jalan Peta.

Rombongan Sidak yang dipimpin Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung Elly Wasliah diterima oleh Kepala Divisi Food / Manager on Duty Lotte Mart Rudi Gunawan setelah menunggu selama satu jam di lobi luar Festival Citylink Bandung.

Rombongan sidak disambut aroma bau busuk yang tercium dari ruangan penyimpanan makanan / gudang Lotte Mart disamping counter ikan segar, bahkan beberapa wartawan tidak kuat menahan bau busuk dan menutup hidungnya.

Lokasi pertama rombongan sidak adalah stan ikan, udang, ayam, dan telur, “Kita akan memeriksa apakah ikan basah, udang, dan ayam di Lotte Mart mengandung formalin, bahan pewarna dan borax,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung Elly Wasliah di awal paparannya, “Hasil pemeriksaan tidak ditemukan formalin dan borax,” ujarnya.

Seusai memeriksa stan ikan basah, sidak dilanjutkan ke stan beras, “Beras yang dijual di Lotte Mart akan kita uji selama lima menit apakah memakai pemutih atau tidak,” ujar Elly, “Hasil pemeriksaan tidak ditemukan pemutih,” katanya.

Buah impor pun tidak luput dari pemeriksaan rombongan sidak, “Kita akan memeriksa tingkat kemanisan dan kekerasan buah apel, pear, dan jeruk sunkis,” kata Elly, ternyata setelah diperiksa ditemukan lapisan lilin pada apel yang dijual di Lotte Mart Festival Citylink Bandung, “Lilin digunakan agar buah apel terlihat mengkilat,” kata Elly.

Di akhir paparannya Elly mengungkapkan bahwa tujuan inspeksi mendadak di Lotte Mart Festival Citylink Bandung adalah menjaga rasa aman warga Bandung yang hendak membeli pangan segar di pasar swalayan, “Kami terjun ke lapangan agar hasilnya akurat,” ujar Elly, “Pemkot Bandung bertanggung jawab memberikan rasa aman kepada masyarakat Bandung,” katanya.

Di tempat yang sama Badan POM Bandung turut menguji makanan seperti ikan teri, kerupuk rengginang dan arum manis, hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah makanan tersebut mengandung borax dan pewarna tekstil / sintetis, dan setelah diperiksa hasilnya negatif.

Kepala Divisi Food / Manager on Duty Lotte Mart Rudi Gunawan dalam wawancara singkat mengatakan bahwa pihaknya selalu melakukan pemeriksaan ketat terhadap makanan yang dijual di Lotte Mart, “Di Lotte Mart ada Quality Supervisor,” kata Rudy, “Setiap Supplier kita periksa ijinnya dan kita survei enam bulan sekali,” ujarnya.

Inspeksi mendadak yang dilakukan tim gabungan ke Lotte Mart bukan karena adanya laporan dari masyarakat terkait maraknya makanan mengandung formalin dan borax, tetapi sidak memang merupakan agenda rutin Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung. (Bagoes Rinthoadi)