Effi Setiabudi: Industri Pameran di Indonesia Tumbuh Pesat

DebindoARCOM.CO.ID ,Bandung. Presiden Direktur PT Debindo Unggul Buana Makmur Effi Setiabudi mengungkapkan bahwa saat ini industri pameran di Indonesia tumbuh dengan pesat, dikarenakan besarnya jumlah penduduk di Indonesia serta kemampuan daya beli masyarakat Indonesia yang stabil.

Hal tersebut diungkapkan Effi saat Press Conference Indobuildtech Expo Bandung 2014, Rabu, (22/10/2014), di Graha Manggala Siliwangi jalan Aceh Bandung, turut hadir Wakil Ketua Kadin Jabar Bidang Kemitraan dan UMKM Iwan Gunawan, dan Kadishub kota Bandung Ricky Gustiadi.

“Pameran Indobuildtech Expo Bandung 2014 merupakan agenda rutin yang bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang perkembangan teknologi dan material bangunan,” kata Presiden Direktur PT Debindo Unggul Buana Makmur Effi Setiabudi di awal paparannya.

“Peserta yang mengikuti Indobuildtech Expo Bandung 2014 mencapai 50 peserta / perusahaan atau naik 10 persen dari tahun lalu,” kata Effi, “Peserta yang ikut pameran kali ini berasal dari Indonesia, Italia, China, Thailand, dan Malaysia,” ujarnya, “Bahkan peserta dari China ikut pameran ini untuk mencari agen dan Partner di indonesia,” tegasnya.

Lebih lanjut Effi menjelaskan bahwa penyelenggaraan Indobuildtech Expo Bandung 2014 lebih bagus dari tahun lalu, “Tahun lalu peserta pameran hanya diikuti 42 peserta,” ungkapnya.

Mengenai target transaksi di pameran ini, Effi menegaskan bahwa pihak PT Debindo International Trade Exhibitions (Debindo ITE) selaku penyelenggara tidak menghitung target transaksi, “Debindo menargetkan pengunjung yang hadir adalah pengunjung End User dan Pebisnis,” kata Effi.

Effi mengungkapkan bahwa perkembangan industri pameran di Indonesia tumbuh positif, “Tetapi yang harus kita perhatikan adalah jangan sampai Indonesia dibanjiri produk-produk dari luar negeri,” kata Effi di akhir paparannya.

Wakil Ketua Kadin Jabar Bidang Kemitraan dan UMKM Iwan Gunawan berharap peserta dan pengunjung pameran Indobuildtech Expo Bandung 2014 mendapatkan informasi terkini tentang perkembangan teknologi dan material bangunan.

“Produk turunan Building Material luar biasa banyak,” kata Iwan, “Yang terpenting industri ini dapat menyerap tenaga kerja dan mensinergikan antara pengusaha besar dan kecil,” tegasnya.

Lebih lanjut Iwan mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi di kota Bandung mencapai 96,1 persen, “Pertumbuhan ekonomi akan berkolerasi dengan daya beli masyarakat dan menimbulkan transaksi,” kata Iwan di akhir pernyataannya.

Indobuildtech Expo Bandung 2014 yang akan berlangsung 22 hingga 26 Oktober 2014 turut pula dihadiri mitra / Partner Debindo ITE Mark Temple-Smith dan Neil Garth Jones, mereka berkesempatan mengelilingi area pameran seluas 1500 m2.

Pameran teknologi dan material terbesar di Indonesia ini menampilkan produsen dan distributor material dan teknologi bangunan kategori Roofing (genteng, atap, plafon), Flooring (ubin, keramik, lantai), Walling (dinding, partisi), sistem pengaman akses, pemanas, pendingin, penerangan, komponen pendukung instalasi, serta perkakas manual dan otomatik.

Penyelenggaraan Indobuildtech Expo Bandung 2014 diharapkan berdampak positif terhadap upaya percepatan pembangunan infrastruktur yang sedang dilakukan oleh pemerintah daerah, provinsi, pusat dan swasta, serta mendorong pertumbuhan sektor properti dan konstruksi di Jawa Barat pada umumnya dan kota Bandung pada khususnya. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.