Parade Carnaval Kemilau Nusantara Libatkan 12 Provinsi

disparbudARCOM.CO.ID ,Bandung. Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat Siti Tohariah mengatakan bahwa acara tahunan Kemilau Nusantara akan dimeriahkan Parade Carnaval yang melibatkan 12 Provinsi.

 

Hal tersebut dikatakan Siti saat Konferensi Pers persiapan Kemilau Nusantara, Kamis, (23/10/2014), di Ruang Rapat Kantor Disparbud Jabar jalan RE Martadinata (Riau) Bandung.

“Parade Carnaval Kemilau Nusantara akan menampilkan kesenian dan kebudayaan yang dimiliki masing-masing Provinsi,” kata Siti, “Tujuan diselenggarakannya acara ini adalah untuk melestarikan dan mengenalkan seni dan budaya tradisional, serta meningkatkan kreatifitas seniman dan budayawan,” ujarnya.

Di akhir paparannya Siti menjelaskan bahwa helaran Kemilau Nusantara akan menyediakan paket wisata dengan berbagai tujuan destinasi wisata unggulan Jawa Barat.

Kemilau Nusantara yang ke-11 yang bertema, “Pelangi Budaya Nusantara” akan digelar Minggu, (26/10/2014), mulai pukul 08.00 hingga 15.30 WIB, bertempat di Gedung Sate jalan Diponegoro Bandung.

Rute Parade karnaval menempuh jarak 1,5 kilometer dimulai dari Gedung Sate dan berakhir di jalan Citarum.

Kemilau Nusantara rencananya akan diikuti 26 kabupaten/kota dan independen serta 12 Provinsi diantaranya, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur, Maluku Utara, Papua, dan Kalimantan Barat.

Kegiatan lain yang akan menyemarakkan Kemilau Nusantara diantaranya lomba foto kategori Online Spot dan On the Spot, lomba foto ini bertujuan memberikan penghargaan dan apresiasi bagi para fotografer berbakat.

Rencananya Kemilau Nusantara akan dibuka oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Walikota Bandung Ridwan Kamil, serta Dirjen Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (Bagoes Rinthoadi)