Novotel Bandung Kembali Menggelar Fire Drill Simulation

IMG_20141029_164937ARCOM.CO.ID ,Bandung. Hotel Novotel Bandung bekerjasama dengan Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran (DPPK) Kota Bandung untuk ketiga kalinya kembali menggelar kegiatan simulasi kebakaran (Fire Drill Simulation), Rabu, (29/10/2014), di Hotel Novotel Bandung jalan Cihampelas.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala DPPK Kota Bandung Ferdi Ligaswara, Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung Muntasir Umar, General Manager Novotel Hotel Bandung Marak Setiadi, dan Public Relations Manager Novotel Hotel Bandung Nike April.

“Acara simulasi kebakaran ini merupakan acara tahunan untuk mengevaluasi kesiapan Novotel Hotel Bandung dalam menghadapi kebakaran,” kata General Manager Novotel Hotel Bandung Marak Setiadi di awal paparannya, “Kegiatan ini rutin diadakan setahun sekali,” ujarnya.

Lebih lanjut Marak mengatakan bahwa kegiatan simulasi kebakaran selalu melibatkan dinas-dinas terkait, “Dengan kegiatan ini Novotel Hotel Bandung akan mendapatkan evaluasi dan mengantisipasi kesiap-siagaan karyawan dan Security kami,” kata Marak di akhir paparannya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung Muntasir Umar menjelaskan bahwa acara simulasi kebakaran yang berlangsung di Novotel Hotel Bandung penting sebagai upaya pencegahan kebakaran.

“Tetapi yang terpenting adalah membangun sistem ketahanan kebakaran, seperti membangun alat proteksi kebakaran dan melatih orang-orang untuk menghadapi kebakaran,” tegas Muntasir, “Membangun sistem ketahanan kebakaran merupakan bentuk amanah kepada kemanusiaan, ekonomi, dan yuridis,” katanya.

Lebih lanjut Muntasir menjelaskan bahwa terdapat beberapa metoda dalam membangun sistem ketahanan kebakaran, “Kami akan memberikan rekomendasi cara pencegahan kebakaran, latihan, dan simulasi-simulasi pencegahan kebakaran,” ujarnya, “Kami memberikan apresiasi kepada Novotel Bandung yang telah menyelenggarakan kegiatan simulasi kebakaran,” kata Muntasir di akhir paparannya.

Public Relations Manager Novotel Hotel Bandung Nike April mengatakan bahwa kegiatan simulasi kebakaran (Fire Drill Simulation) dan teknik evakuasi serta penanggulangannya yang berlangsung di Novotel Hotel Bandung bertujuan untuk melatih mental, spontanitas, respon dan kesiapan bagi siapapun terhadap kemungkinan kejadian yang tidak diharapkan seperti kebakaran gedung, dan gempa.

“Kegiatan ini sangat penting karena menyangkut keselamatan manusia, baik itu karyawan hotel Novotel Bandung maupun para tamu yang sedang menginap atau melakukan pertemuan bisnis di hotel Novotel Bandung,” ujar Nike.

“Kegiatan ini Juga dapat dianggap sebagai ilmu pengetahuan dan ajang edukasi bagi diri kita sendiri, dan diharapkan nantinya dapat berguna bagi kita bila menghadapi situasi darurat,” kata Nike di akhir paparannya.

Kegiatan simulasi kebakaran (Fire Drill Simulation) di Novotel Hotel Bandung dimulai tepat pukul 09.25 WIB dengan menyalakan alarm indikasi kebakaran.

Petugas pemadam kebakaran kota Bandung dengan kekuatan 24 personil kemudian mendemonstrasikan cara mengevakuasi 8 tamu hotel yang terjebak di lantai 4 Novotel Hotel Bandung dengan menggunakan mobil Snorkle.

Instansi terkait yang terlibat dalam simulasi kebakaran di Novotel Hotel Bandung diantaranya, Kecamatan Cicendo, Polsek Cicendo, Polrestabes Bandung, Lanud Husein Sastranegara, Pemerintah Kota Bandung, Kelurahan Terasana, Dinas Pencegahan & Penanggulangan Kebakaran, serta Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.