BlackBerry Donasikan 100 BB Z3 Jakarta Bagi Agen RUMA

BlackBerry RUMAARCOM.CO.ID ,Bandung. BlackBerry Indonesia kembali mendukung kegiatan Small and Medium Enterprises (Usaha Kecil dan Menengah) dengan mendonasikan 100 unit Smartphone (telepon cerdas) BlackBerry Z3 edisi Jakarta bagi Agen Rekan Usaha Mikro Anda (RUMA).

Hal ini terungkap dalam acara “BlackBerry 101 Training untuk RUMA” Kamis, (16/10/2014), di House of Embargo Bar & Grill jalan Taman Sari Bandung.

Turut hadir dalam acara ini Public Relations Manager RIM Indonesia (BlackBerry Indonesia) Yolanda Nainggolan, Senior Business Development Manager RIM Indonesia Iip Azhar Muftach, Partnership, Service & Marketing Manager PT Rekan Usaha Mikro Anda (RUMA) Iman Rahman, dan 25 agen terbaik RUMA.

“Dalam program ini BlackBerry Indonesia memberikan Smartphone BlackBerry Z3 edisi Jakarta untuk Agen RUMA,” kata Public Relations Manager RIM Indonesia Yolanda Nainggolan atau biasa disapa Yola di awal paparannya, “Selain HandSet, BlackBerry juga memberikan aplikasinya, sehingga Agen RUMA bisa memakai aplikasi tersebut untuk mendukung bisnisnya,” ujarnya.

“Agen-agen Ruma sebelumnya belum memakai BlackBerry, tetapi hanya menggunakan SMS dengan Handphone biasa dalam menjalankan bisnisnya,” ungkap Yola, “BlackBerry memperkenalkan produk Z3 edisi Jakarta kepada para Agen RUMA agar mereka mengetahui kegunaan Smartphone,” katanya.

“Kerjasama antara BlackBerry Indonesia dengan RUMA bermula saat peluncuran BlackBerry Z3 edisi Jakarta di bulan Mei 2014,” ungkap Yola, “Program ini kita buat dalam rangka Give back to the Community,” ujarnya.

“BlackBerry Indonesia memilih komunitas RUMA karena melihat ada persamaan visi antara RUMA dengan BlackBerry,” kata Yola, “Inisiatif bermula dari BlackBerry, tetapi BlackBerry melihat Partner mana yang cocok dan memang menggunakan teknologi untuk melakukan visi mereka,” tegasnya.

Yola menegaskan bahwa BlackBerry menginginkan Agen RUMA bisa mendapatkan keuntungan dengan menggunakan Smartphone BlackBerry, sehingga mereka dapat meningkatkan bisnis, dan produktivitasnya.

“Nantinya BlackBerry akan banyak berkomunikasi dengan manajemen RUMA, dan bukan ke Agennya, karena Agen RUMA banyak berlokasi di desa dan pedalaman,” kata Yola, “Kita akan memantau progresnya seperti apa untuk mengetahui Support apa lagi yang dapat diberikan BlackBerry,” ujarnya.

“Ke depannya BlackBerry tidak menutup kemungkinan bekerjasama dengan lokal komunitas lain,” kata Yola, “Karena dengan BlackBerry masuk ke dalam komunitas seperti RUMA, maka masyarakat semakin Aware dengan produk BlackBerry,” ujarnya.

Lebih lanjut Yola menjelaskan bahwa fokus BlackBerry bukan sekedar Smartphone untuk Entertainment, “BlackBerry memfokuskan produknya untuk Productivity Tools, yaitu untuk membantu pekerjaan dan bisnis,” tegasnya, “BlackBerry ingin masuk ke dunia bisnis, dan ingin produknya membantu orang-orang yang bekerja,” ujarnya.

“Kita ingin memberikan sesuatu yang berguna buat orang-orang di Indonesia,” ujar Yola, “BlackBerry dengan BlackBerry Inovation Center akan selalu memberikan Scholarship, pelatihan, dan pengajaran kepada Developer dan para pelajar yang tertarik terhadap BlackBerry,” kata Yola di akhir paparannya.

Senior Business Development Manager RIM Indonesia (BlackBerry Indonesia) Iip Azhar Muftach mengungkapkan bahwa bila RUMA menjalankan bisnis dengan menggunakan SMS maka harus mengeluarkan biaya Rp.600.000 perbulan, namun bila menggunakan BlackBerry cukup mengeluarkan biaya Rp.25.000 per bulan.

Iip menjelaskan bahwa untuk masyarakat Jakarta mungkin gampang membeli pulsa di Jakarta, “Bayangkan di wilayah Banten, ada orang yang harus menempuh perjalanan 10 kilometer hanya untuk membeli pulsa,” kata Iip, “Dengan mereka Invest, justru ada efisiensi produktivitas dalam jangka waktu tertentu dan menguntungkan mereka,” ujar Iip.

Lebih lanjut Iip menjelaskan bahwa dalam BlackBerry Z3 edisi Jakarta terdapat aplikasi RUMA yang spesifik untuk pekerjaaan mereka, “Aplikasi tersebut langsung Direct, selain itu para Agen RUMA dapat berkomunikasi menggunakan BBM Chatting, dan BBM Group,” kata Iip, “Icon-icon BlackBerry simpel dan mudah digunakan,” ujarnya.

“Manajemen RUMA dapat membuat BBM Channel untuk menginformasikan kegiatan bisnisnya bagi Reseler RUMA yang jumlahnya mencapai ribuan,” ungkap Iip.

“BlackBerry melalui manajemen Ruma akan terus memonitor dan memantau agen Ruma yang telah mendapatkan BlackBerry Z3 edisi Jakarta,” kata Iip, “Agen RUMA harus mencoba terus Smartphone BlacBerry, sehingga dalam jangka satu bulan dapat terasa peningkatan efisiensi biaya operasional para Agen Ruma,” ujar Iip.

Di akhir paparannya Iip mengatakan bahwa dalam skala besar, BlackBerry masuk ke Enterprise membawa solusi dan membawa Device, “Dengan adanya investasi di awal, dalam waktu yang cukup singkat justru membawa profit bagi perusahaan,” kata Iip, “Dahulu masyarakat membeli BlackBerry lebih ke arah konsumtif, padahal visi BlackBerry adalah meningkatkan produktivitas,” ungkap Iip.

RUMA yang berdiri sejak tahun 2009 dan kini telah memiliki 45 cabang dan 12 ribu agen merupakan perusahaan nirlaba berbasis teknologi yang memiliki visi dan misi memajukan taraf hidup masyarakat kecil di Indonesia.

RUMA mengajak para ibu rumah tangga dan para pegusaha kecil untuk berbisnis pulsa dan bisnis lainnya dengan menggunakan perangkat Handphone.

Dengan prestasi dan visi RUMA yang sejalan dengan BlackBerry, akhirnya BlackBerry Indonesia memutuskan untuk bekerjasama dengan RUMA dan memberikan Training mengenai produk BlackBerry kepada para Agen RUMA. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.