Bea Cukai Bandung Temukan Biji Ganja Di Kantor Pos

Bea Cukai

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A (KPPBC TMP A) Bandung Rulijanto mengatakan bahwa belum lama ini jajarannya berhasil menemukan paket yang di dalamnya berisi tujuh biji ganja di Kantor Pos jalan Soekarno Hatta Bandung.

Hal tersebut dikatakan Rulijanto saat Press Conference Customs Goes To Museum KAA, Jumat, (21/11/2014), di Museum Konperensi Asia Afrika (KAA) jalan Asia Afrika Bandung, turut hadir dalam acara ini Kepala Museum KAA Thomas A.Siregar dan jajaran KPPBC TMP A Bandung.

“Coba bayangkan bagaimana jadinya bila biji ganja tersebut tumbuh dan menyebar di kota Bandung,” kata Rulijanto di awal paparannya,  lebih lanjut ia mengatakan bahwa KPPBC TMP A Bandung fokus mengungkapkan penyelundupan narkoba yang masuk dari luar negeri ke Indonesia, “Perusahaan jasa pengiriman barang yang biasa mengirimkan barang di dalam negeri (antar kota-provinsi) tidak akan kami periksa karena bukan tugas Bea Cukai,” tegasnya.

Mengenai acara Customs Goes To Museum KAA, Rulijanto mengatakan bahwa KPPBC TMP A Bandung ingin menjalin sinergi dengan pihak Museum KAA, “Kami ingin memberikan penyuluhan dan layanan informasi kepada masyarakat terkait tugas pokok dan fungsi Bea Cukai,” tegasnya.

“Wawasan tentang Bea Cukai menjadi bagian erat dari tingginya dinamika peran negara dunia ketiga saat ini,” ujar Rulijanto, “Menjelang  dimulainya kesepakatan Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015, maka informasi tentang Bea Cukai akan bermanfaat bagi sahabat Museum KAA,” kata Rulijanto di akhir paparannya.

Kepala Museum KAA Thomas A.Siregar mengatakan bahwa acara Bea Cukai Menyapa Sahabat Museum KAA cukup penting, “Masyarakat harus mempersiapkan diri menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015, dikarenankan pada saat itu akan ada arus keluar masuk barang, jasa, dan manusia yang sangat tinggi di kawasan ASEAN,” katanya,  “Mari kita belajar lebih dini tentang Bea Cukai di Museum KAA,” ujarnya.

Acara Customs Goes To Museum KAA akan berlangsung Senin, (24/11/2014), mulai pukul 13.00  – 17.00 WIB di Museum KAA jalan Asia Afrika Bandung.

Acara ini akan menyajikan informasi tentang Bea Cukai yang dikemas melalui Film Screening dan Talk Show membahas tata cara pemasukan dan pengeluaran barang keperluan museum, kebun binatang dan konservasi alam, serta penanganan barang kiriman pos melalui kantor pos bea, barang penumpang melalui bandara Husein Sastranegara, dan barang pindahan.

Selain itu KPPBC TMP A Bandung akan memamerkan atraksi tim anjing pelacak (K-9) yang merupakan unit kecil pada Direktorat Penindakan dan Penyidikan, Unit K-9 biasa bertugas mengungkap penyelundupan narkoba.

KPPBC TMP A Bandung sendiri merupakan instansi vertikal yang berada di bawah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. (Bagoes Rinthoadi)