Mojang Jajaka Jabar 2014 Masuki Masa Karantina

Moka

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Nunung Sobari berkesempatan bertatap muka dan memberi arahan kepada 54 Mojang dan Jajaka (Moka) perwakilan Kab/Kota se-Jawa Barat.

Hal ini terungkap dalam acara, Pelepasan Pasanggiri Mojang Jajaka Jawa Barat 2014, bertajuk “Art, Culture dan Technologi”, Senin, (24/11/2014), di Aula Kantor Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat jalan RE Martadinata Bandung.

“Para Mojang dan Jajaka (Moka) dalam berperilaku harus tetap mempertahankan kearifan lokal dan berpikir global,” kata Nunung di awal paparannya, “Moka selaku duta wisata dari Kab/Kota harus selalu meningkatkan kemampuan, skill, pengetahuan, dan wawasan agar mampu mempromosikan potensi wisata,” tegasnya.

Lebih lanjut Nunung mengatakan bahwa Moka diharapkan tidak gagap teknologi, “Moka harus memiliki wawasan kebudayaan dan kesenian,” katanya, “Diharapkan Moka mampu mempromosikan potensi wisata di daerahnya masing-masing sampai ke tingkat nasional hingga internasional,” ujarnya.

Mengenai semakin dekatnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015, Nunung menegaskan bahwa masyarakat harus menghadapi dan bukan menghindari, “Persaingan saat MEA bukan dalam bentuk produk, namun termasuk jasa,” katanya.

“Keunggulan Sumber Daya Manusia (SDM) di berbagai sektor harus ada pada generasi muda maupun Mojang dan Jajaka,” ujarnya, “Nantinya Moka harus mampu menghadapi persaingan,” tegasnya.

Di akhir paparannya Nunung berhara para Mojang dan Jajaka dapat ikut memajukan pembangunan wisata di Jawa Barat serta mewujudkan Jawa Barat sebagai tujuan wisata dunia.

Pasanggiri Mojang Jajaka Jawa Barat 2014 saat ini mulai memasuki masa Karantina, sebanyak 54 Mojang dan Jajaka (Moka) perwakilan Kab/Kota se-Jawa Barat akan dikarantina selama tiga hari di Cianjur Jawa Barat.

Masa Karantina akan diisi berbagai kegiatan, diantaranya pelatihan mengenai keterampilan dan wawasan tentang sektor pariwisata, pengetahuan lingkungan hidup, pemberdayaan perempuan, pemberdayaan perdagangan, dan yang terpenting wawasan tentang pembangunan yang ada di Jawa Barat.

Seusai masa karantina, maka 54 Mojang dan Jajaka perwakilan Kab/Kota se-Jawa Barat harus bersiap menghadapi Grand Final Mojang Jajaka Jawa Barat 2014 pada 3 Desember 2014 bertempat di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung. (Bagoes Rinthoadi)