Mendag Anugerahkan Jabar Sebagai Daerah Peduli Konsumen

IMG_20141126_094121

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Menteri Perdagangan (Mendag) RI Rachmat Gobel secara khusus datang ke kota Bandung untuk menganugerahkan penghargaan, “Daerah Peduli Konsumen Tahun 2014” kepada provinsi Jawa Barat (Jabar).

Hal ini terungkap dalam acara Temu Pelanggan Direktorat Metrologi Tahun 2014 bertema, “Excellent Services for Excellent Measurements” Rabu, (26/11/2014), di Hotel Horison jalan Pelajar Pejuang Bandung.

Turut hadir dalam acara ini, Direktur Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen Kementerian Perdagangan Widodo, Sekretaris Ditjen Standardisasi dan Perlindungan Konsumen Kementerian Perdagangan Inayat Iman, Direktur Pemberdayaan Konsumen Ganef Judawati, Kepala Pusat Hubungan Masyarakat Kementerian Perdagangan Ani Mulyati, dan 300 wakil berbagai perusahaan.

“Kegiatan Temu Pelanggan ini penting untuk meningkatkan hubungan kerja sama yang lebih baik dengan pelanggan,” kata Menteri Perdagangan Rachmat Gobel di awal paparannya, “Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan pelayanan kepada publik dan mendapatkan umpan balik dari pelanggan,”ujarnya.

Selain Jawa Barat, provinsi dan kota lain yang mendapat penghargaan Daerah Peduli Konsumen Tahun 2014 diantaranya, Sumatera Utara, Jawa Timur, kota Yogyakarta, kota Surakarta, dan kota Denpasar, “Keberhasilan yang dicapai semoga dapat dipertahankan dan dapat dijadikan contoh bagi daerah lainnya,” kata Mendag Rachmat Gobel.

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel berkesempatan pula menganugerahkan gelar “Perusahaan Peduli Tertib Ukur 2014” kepada enam perusahaan, diantaranya, PT Medco E&P Indonesia, PT Odira Energy Persada, PT Pertamina (Persero) RU VI Balongan, PT PGN (Persero) Tbk SBU DW I, Perusahaan Timbangan SSS-Solo, dan PT Semen Tonasa Biringere-Pangkep Sulawesi Selatan.

“Saya berharap perusahaan yang meraih penghargaan harus secara tertib menera ulangkan alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP) sesuai ketentuan perundang-undangan kemetrologian,” tegas Mendag Rachmat Gobel.

Lebih lanjut Mendag Rachmat Gobel mengatakan bahwa kualitas produk-produk di dalam negeri harus terjaga baik agar mampu bersaing, apalagi di tahun 2015 Indonesia akan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, “Pasar di Indonesia harus terus dijaga dengan baik,” tegasnya

Di akhir paparannya Mendag Rachmat Gobel menekankan pentingnya membangun sisitem perizinan secara Online, “Sistem perizinan Online akan mempercepat proses pembuatan perizinan dan memudahkan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Seusai menyerahkan penghargaan dan meninjau beberapa stan alat ukur, takar, dan timbang di Hotel Horison, Mendag Rachmat Gobel langsung meluncur untuk meninjau Laboratorium dan Instalansi Pengujian Direktorat Metrologi Kementerian Perdagangan di Bandung dengan didampingi Direktur Metrologi Hari Prawoko. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.