Pertamina Resmikan SPB Vi-Gas Pertama di Kota Bandung

Pertamina

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Setelah masyarakat kota Bandung menanti bahan bakar alternatif bagi kendaraannya, akhirnya PT Pertamina meresmikan SPB Vi-Gas pertama di kota Bandung dengan kapasitas tangki penyimpanan 6 MT (11.800 liter setara Premium) serta mampu memasok 500 angkutan umum setiap harinya.

Peresmian SPB Vi-Gas berlangsung, Senin pagi, (29/12/2014), di SPBU COCO Dago 31.40101 jalan Ir.H Juanda Bandung, turut hadir Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang, dan Senior Vice President Non Fuel Marketing Taryono.

“Sebenarnya Compressed Natural Gas (CNG) sudah ada sejak tahun 1990 namun saat itu pemerintah tidak konsisten,” kata Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang di awal paparannya, “Dikarenakan Pertamina merupakan kepanjangan tangan pemerintah, maka Pertamina mendukung program prioritas pemerintahan Jokowi tentang konversi penggunaan BBM ke BBG,” ujarnya

Lebih lanjut Ahmad Bambang  mengatakan bahwa Vi-Gas ramah lingkungan karena emisinya kecil, “Vi-Gas sebenarnya adalah LPG namun aman digunakan ,” ujarnya, “Walaupun kendaraan ditabrak dari belakang, tangki Vi-Gas tetap aman,”  tegasnya.

Mengenai keseriusan Pertamina menggarap Vi-Gas, Ahmad Bambang menegaskan bahwa Pertamina sangat serius dan fokus memacu penggunaan bahan bakar gas, baik dalam bentuk Liquefied Natural gas (LNG), Compressed Natural Gas (CNG) dengan merk Envogas, maupun Liquefied Gas for Vehicle (LGV) dengan merk Vi-Gas, “Konsumsi Vi-Gas dan Envogas saat ini baru mencapai 0,1 % dari konsumsi BBM bersubsidi,” katanya.

Mengenai tingkat konsumsi Vi-Gas, Ahmad Bambang berharap dalam lima tahun mendatang tingkat konsumsi mampu mencapai 2,5 juta KL setara Premium, “Untuk mencapai hal tersebut Pertamina menargetkan membangun 150 unit unit-unit penjualan Vi-Gas dan Envogas di SPBU secara terintegrasi,” tegasnya.

“Saya yakin masyarakat akan lebih menerima Vi-Gas sebagai alternatif  BBM di masa mendatang,” ujar Ahmad Bambang, “Tekanan Vi-Gas hanya 8-12 bar di dalam tangki, sehingga sangat aman digunakan,” ujarnya,  “Apalagi cadangan gas di Indonesia masih cukup hingga 40 tahun ke depan, “kata Ahmad Bambang di akhir paparannya.

Pertamina hingga saat ini telah mengoperasikan 12 SPB Vi-Gas  di Jakarta dan 3 SPB Vi-Gas di Bali, selain kota Bandung, Pertamina mulai membangun SPB Vi-Gas di Semarang, dan Yogyakarta.

Harga Vi-Gas saat ini per liternya adalah Rp.5.100, namun bagi masyarakat maupun pemilik kendaraan umum yang ingin menggunakan Vi-Gas, harus memasang  Konverter Kit seharga Rp.15.000.000. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.