Jelang Kongres Bali, PDIP Gelar Pemilihan Ketua

IMG_20141211_141128

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Menjelang kongres PDI Perjuangan (PDIP) di pulau Dewata (Bali) pada April 2015, pengurus PDIP pusat bergerak cepat dengan menggelar pemilihan ketua mulai dari pengurus cabang hingga provinsi (PAC, DPC, dan DPD).

Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua Bidang Kominfo DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Waras Wasisto di depan para wartawan, Kamis, (11/12/2014), di Cafe Kopi Progo jalan Progo Bandung.

“Dalam memilih ketua PAC, DPC, dan DPD, PDI Perjuangan yang saat ini berada di dalam lingkaran pemerintahan mengutamakan cara-cara musyawarah mufakat dan menghilangkan mekanisme voting,” kata Waras di awal paparannya.

“Aturan musyawarah tersebut atas perintah DPP PDIP yang berkeinginan membangun mekanisme baru berdasarkan filosofi bangsa Indonesia,” ujarnya.

Namun Waras mengatakan bahwa cara musyawarah tidak berlaku di dalam kongres, “Pemilihan Ketua Umum PDIP untuk kongres di Bali dianggap sudah selesai oleh seluruh struktur partai,” tegasnya, “Jadi pengurus provinsi sepakat mencalonkan Megawati sebagai ketua umum, dan tinggal menunggu pengesahan,” ujarnya.

Lebih lanjut Waras menegaskan bahwa mekanisme musyawarah mufakat diberlakukan secara nasional oleh PDIP, “Mekanisme tersebut telah disosialisasikan ke seluruh tingkatan,” ujarnya.

“Hal ini bertujuan untuk meredam konflik internal partai dan menghindarkan adanya transaksi, serta memberikan contoh kepada para kader tentang pentingnya musyawarah untuk mufakat,” kata Waras di akhir paparannya.

Dengan mekanisme musyawarah mufakat, calon ketua baik PAC, DPC, dan DPD akan dijaring oleh para kader, dan calon ketua yang telah lolos akan ditentukan jajaran pengurus yang tingkatannya dua tingkat di atas.

Yang harus diperhatikan ialah, para calon ketua PAC, DPC, dan DPD diharuskan memenuhi syarat-syarat, diantaranya Memiliki Kartu Tanda Anggota PDIP, belum pernah tercatat sebagai Calon Legislatif (Caleg) dari partai di luar PDIP, dan pernah mengabdi selama lima tahun di dalam kepengurusan PDIP.

Setelah semua syarat terpenuhi, para calon ketua akan memasuki tahapan Fit and Proper Test, selanjutnya pengurus PDIP akan mengumumkan tiga nama calon ketua untuk selanjutnya diambil satu nama ketua terpilih, mekanisme ini sendiri termaktub dalam SK Nomor 66 dan 67.

Pemilihan pengurus PAC, DPC, dan DPD PDIP di Jawa Barat bila tidak ada halangan akan dilaksanakan, Sabtu, (13/12/2014), atau pertengahan Desember 2014 sampai Februari 2015. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.