Bandara Husein Sastranegara Hapus Konter Penjualan Tiket

Angkasa PuraARCOM.CO.ID ,Bandung.  General Manager PT Angkasa Pura Yayan Hendrayani menegaskan bahwa berdasarkan Surat Edaran Menteri Perhubungan No. HK.209/I/16/PHB.2014 tanggal 31 Desember 2014 tentang Peningkatan Pelayanan Publik di Bandara Udara Seluruh Indonesia, maka Manajemen PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandara Husein Sastranegara Bandung berencana menghapuskan penjualan tiket pesawat di Bandara terhitung 1 April 2015.

Hal tersebut ditegaskan Yayan saat  Press Conference dan Publikasi Sosialisasi Penutupan Counter Sales Ticket Bandara Husein Sastranegara Bandung, Selasa, (31/3/2015), di Ruang Rapat PT Angkasa Pura II Lt 3 jalan Pajajaran Bandung, turut hadir Humas PT angkasa Pura II Cabang Bandara Husein Sastranegara Mabruri J. Wahyudin.

“Mulai 1 April 2015 Bandara Husein Sastranegara bersama Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Bandar Udara Internasional Minangkabau Padang, dan Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II berencana menghapus penjualan tiket pesawat di Bandara,” kata Yayan di awal paparannya, “Sedangkan Bandara Soekarno Hatta dan Bandar Udara Internasional Kualanamu Medan telah menghapus penjualan tiket di Bandara sejak 1 Maret 2015,” ungkapnya.

“Tujuan penghapusan penjualan tiket di Bandara ialah untuk memberikan kenyamanan pada pengguna jasa , selain itu untuk mencegah praktek percaloan,” ungkap Yayan, “Dengan adanya penutupan konter penjualan tiket di Bandara Husein, maka kami menghimbau kepada masyarakat pengguna jasa penerbangan agar sudah memiliki tiket sebelum datang ke Bandara,” tegasnya.

Lebih lanjut Yayan mengatakan bahwa nantinya ruangan yang sebelumnya digunakan untuk konter penjualan tiket akan digunakan sebagai Customer Service Counter masing-masing maskapai, “Fungsi Customer Service Counter di Bandara Husein Sastranegara adalah melayani kebutuhan penumpang masing-masing maskapai, seperti untuk Refund, Cancelation, Reschedule, Information, dan Complaint,” tegas Yayan.

“Customer Service Counter masih bisa mengurus perubahan tiket dari ekonomi ke bisnis, mengurus perubahan waktu, dan pembatalan tiket hingga 1 Juni 2015, namun perubahan tersebut harus keberangkatan di hari yang sama, mempunyai kode Booking dan membeli secara Online,” kata Yayan.

“Angkasa Pura II menyediakan tiket kepada siapa saja yang ingin membeli tiket, namun dengan syarat minimal 4 jam sebelum keberangkatan, dan nantinya pembeli tiket akan dipandu oleh petugas Angkasa Pura II,” ujar Yayan.

Di akhir paparannya Yayan mengungkapkan bahwa saat ini di Bandara Husein Sastranegara terdapat 8 Airlines, dan dalam sehari terdapat 102 penerbangan datang dan pergi, “Untuk Low Season Bandara Husein dapat dipenuhi penumpang hingga 6000 orang, dan untuk Peak Season terdapat 11.000 penumpang perharinya,” kata Yayan.

Untuk tahap awal sosialisasi penutupan Counter Sales Ticket Bandara Husein Sastranegara Bandung,  maka Manajemen Angkasa Pura II akan melakukan sosialisasi kepada maskapai yang beroperasi di Bandara Husein Sastranegara agar mengganti fungsi konter penjualan tiket dengan Customer Service Center, serta meminta maskapai untuk memperkuat Sales Counter di luar Bandara, tahap selanjutnya manajemen Angkasa Pura II akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan pengguna jasa Bandara melalui spanduk-spanduk dan Media Massa. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.