Sop Buntut Pak Iing Ramaikan Kuliner Kota Bandung

IMG_20150603_003822

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Pemilik ‘Sop Buntut Pak Iing’ Bagus Karyanegara mengatakan bahwa kota Bandung memiliki pangsa pasar kuliner yang sangat luas, oleh karena itu dengan potensi yang ada, dirinya mencoba meramaikan kuliner kota Bandung dengan membuka restoran keluarga ‘Sop Buntut Pak Iing’.

Hal ini terungkap dalam Soft Opening Sop Buntut Pak Iing, Selasa, (2/6/2014), di Restoran Sop Buntut Pak Iing jalan Pelajar Pejuang 104 Bandung.

“Andalan kota Bandung adalah kuliner, oleh karena itu Bandung menjadi destinasi pariwisata di Jawa Barat,” kata Bagus di awal paparannya, lebih lanjut ia mengatakan bahwa target pasar kuliner kota Bandung adalah orang-orang Jakarta, “Kota Bandung sama seperti Bogor yang setiap hari Sabtu dikunjungi 300 ribu wisatawan,” ungkapnya.

“Orang-orang Jakarta sudah bosan dengan restoran-restoran yang ada di Jakarta, sehingga mereka berkunjung ke Bogor dan Bandung karena segmentasinya tidak terlalu mahal,” ujarnya.

Mengenai konsep Sop Buntut Pak Iing, Bagus mengatakan bahwa restorannya berkonsep kekeluargaan namun santai, “Teenager biasanya bersantap di luar restoran, sedangkan keluarga di dalam,” kata Bagus, “Selesai makan biasanya mereka langsung berbelanja di Tegep Boots yang terletak di bawah Sop Buntut Pak Iing,” ujarnya.

IMG_20150603_003839
“Sop Buntut Pak Iing menggunakan daging sapi lokal, dengan resep dari teman kami di Bogor,” kata Bagus, “Kami menghidangkan sop buntut dengan cara setiap satu porsi daging sop buntut diikat, direbus selama 2 jam, kemudian ditiriskan, dan ketika akan dihidangkan direbus kembali baru disajikan,” ujarnya, “Penyajian seperti ini membuat daging sop buntut terlihat segar dan empuk, namun rahasia empuknya tidak bisa saya ceritakan,” tegasnya.

“Dalam sehari biasanya kami membutuhkan 25 kilo daging sapi untuk 100 porsi sop buntut,” ungkapnya, “Sop buntut disini tidak menggunakan bahan kimia, dan setiap dua hari kuah rebusan sop buntut kami buang,” katanya.

Di akhir paparannya Bagus mengatakan bahwa Sop Buntut Pak Iing buka setiap hari dari pukul 10 pagi hingga 10 malam, “Restoran kami mampu menampung 70 pengunjung,” ujarnya, “Ke depannya kami akan membuka cabang di Bogor dan Jakarta,” katanya.

IMG_20150603_003844

Harga makanan dan minuman Sop Buntut Pak Iing berada di kisaran Rp.10.000 hingga Rp.48.000, berikut beberapa menu andalan Sop Buntut Pak Iing: Sop Buntut, Sop Iga, Sop Buntut Goreng, Sop Buntut Goreng Tepung, Nasi Timbel, Ayam Goreng Kremes, Iga Garang Asem, Nasi Goreng Teri, dan Tempe Mendoan.

Bagus Karyanegara sang pemilik Sop Buntut Pak Iing merupakan Ketua Himpunan Pramuwisata Indonesia Cabang Bogor masa bakti 2012-2017, dan aktif di Kadin dan Komite Hubungan Indonesia Malaysia.

Bagus lahir di Bandung pada 12 Mei 1969, saat ini ia berdomisili di Jakarta dan bekerja sebagai Kontraktor, Desain Interior, serta memiliki bisnis perumahan di Bogor.

IMG_20150603_003834

Nama Sop Buntut Pak Iing diambil dari nama orang tuanya yaitu Iing, dan Tegep Oktaviansyah pemilik Tegep Boots merupakan adik kandungnya.

Saat ini Bagus Karyanegara yang memiliki lima orang anak terus berbisnis di seputar sandang (kaos), pangan (sabun), dan papan (properti), dan Bagus memiliki moto, “Jangan menyia-nyiakan apa yang sudah dilakukan orang tua”. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.