Telkom Luncurkan Kampung UKM Digital di Kota Bandung

Telkom 1ARCOM.CO.ID ,Bandung. Telkom kembali berinovasi melalui program Kampung UKM Digital di kota Bandung dengan mengembangkan Sentra Kaos Suci Bandung (SKOCI) menjadi pusat peluncuran Kampung UKM Digital.

Peluncuran Program Kampung UKM Digital Sentra Kaos Suci (SKOCI) Bandung berlangsung, Jumat, (12/6/2015), di Kampung Kaos-UMKM jalan Surapati 161 Bandung, turut hadir Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin.

“Konsep Kampung UKM Digital adalah mendukung proses bisnis yang berjalan dalam satu kampung atau area sehingga pelaku UKM semakin maju, modern dan mandiri,” kata Awaluddin di awal paparannya, “Kampung UKM Digital memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) secara komprehensif dan terintegrasi,” ujarnya.

Awaluddin menambahkan bahwa Telkom mendukung digitalisasi SKOCI dikarenakan sejalan dengan program Pemkot Bandung yang mengembangkan UKM kota Bandung, “Bandung terkenal sebagai pusat industri kreatif, maka Sentra Kaos Suci menjadi spesial, mengingat unsur kreatifitas sangat kental dan ekosistem bisnisnya lebih komplit,” ujarnya, lebih lanjut Awaluddin mengatakan bahwa Telkom memilih Sentra Kaos Suci dikarenakan 415 member-nya berkumpul dalam satu area.

“Melalui program SKOCI Goes Digital, diharapkan pelaku UKM dapat memasarkan produk dan proses bisnisnya secara On-Line,” kata Awaluddin, “Pelaku UKM SKOCI dapat memanfaatkan aplikasi yang disediakan Telkom, sehingga Value Chain bisnis member SKOCI dapat terintegrasi secara digital,” tegasnya.

“Salah satu kekuatan Kampung UKM Digital adalah warga dari kampung tersebut akan mandiri dalam pemanfaatan TIK dalam berbisnis, karena proses training dan pembelajaran TIK dilakukan sendiri oleh komunitas UKM,” kata Awaluddin.

Telkom2

Lebih lanjut Awaluddin mengatakan bahwa dalam program SKOCI Goes Digital, Telkom berkolaborasi dengan Akademisi, Pelaku Bisnis, Komunitas, Birokrasi, dan Media, “Kolaborasi ini akan mempercepat pengembangan kemampuan pelaku UKM Indonesia,” tegasnya.

“Kami yakin 60 kampung UKM Digital akan tergelar hingga akhir tahun 2015, karena program ini merupakan salah satu strategi melengkapi program menuju 1 juta UKM ter-digitalisasi tahun 2015,” kata Awaluddin di akhir paparannya.

Peluncuran Program Kampung UKM Digital Sentra Kaos Suci (SKOCI) Bandung merupakan lanjutan pencanangan program Kampung UKM Digital di Kampung Keranggan kota Tangerang Selatan, dan Kampung UKM Digital Mojokerto, program ini merupakan pengembangan program BAGUS Indonesia, yaitu gerakan untuk membina aspirasi satu juta UKM di seluruh Indonesia.

Telkom 3

Kampung UKM Digital melengkapi berbagai program pengembangan UKM lainnya seperti edukasi pemanfaatan TIK bagi UKM di 500 sentra UKM di berbagai kota, 100 Kampung Nelayan, dan Roadshow BAGUS Indonesia di 30 kota. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.