Keamanan Balon Udara di Bandung Air Show 2015 Dipertanyakan

IMG_20150730_133530

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Pameran dan Atraksi Kedirgantaraan Bandung Air Show (BAS) 2015 yang digelar 10 hingga 13 September 2015 mendatang di Lapangan Udara Husein Sastranegara, rencananya akan menghadirkan wahana baru yaitu Hot Air Balloons Fiesta.

Hal ini terungkap dalam Grand Launching Bandung Air Show 2015, Rabu, (29/7/2015), di Hotel Savoy Homann jalan Asia Afrika Bandung.

Turut hadir dalam acara ini, Walikota Bandung Ridwan Kamil, Wakil Walikota Bandung Oded M. Danial, dan Komandan Lanud Husein Sastranegara Ardhi Tjahjoko.

“Salah satu kegiatan BAS 2015 yang baru adalah adanya Hot Air Baloons Fiesta,” kata Komandan Lanud Husein Sastranegara Ardhi Tjahjoko, “Rencananya 10 balon udara akan beroperasi di BAS 2015, tetapi baru tiga balon udara dari Malaysia yang terdaftar,” ujarnya.

Lebih lanjut Ardhi menjelaskan, terkait atraksi kedirgantaraan, prosedur penerbangan akan semakin diperketat, “Tidak akan ada pertunjukan di luar jam yang telah ditentukan,” ujarnya, “Persiapan BAS 2015 akan lebih matang dan ketat,” tegasnya, “Saya berharap tidak akan ada lagi insiden kecelakaan pesawat di BAS 2015,” kata Ardhi di akhir paparannya.

IMG_20150730_133540

Walikota Bandung Ridwan Kamil mengkhawatirkan, kegiatan BAS 2015 yang telah menjadi kegiatan skala nasional akan didatangi pengunjung yang jumlahnya melebihi perkiraan, “Saya mengkhawatirkan bagaimana mengatur orang yang datang ke BAS 2015,” ujarnya.

Di akhir paparannya Ridwan berharap tidak akan ada lagi kecelakaan pesawat dalam penyelenggaraan BAS 2015, “Saya anjurkan panitia BAS 2015 melihat rekam jejak dan kelayakan para pilot yang akan beraksi,” tegasnya.

Bandung Air Show 2015 dalam kegiatannya akan menghadirkan Tim Dynamic Pegasus dengan Heli EC 120 Colibri dari Skadron Udara 7, selain itu Static Show dan Joy Flight akan meramaikan acara BAS 2015.

Masalah yang masih mengganjal adalah bagaimana keamanan balon udara yang rencananya dihadirkan di BAS 2015, karena hingga saat ini pihak panitia belum mengungkapkan rekam jejak pihak Malaysia penyedia balon udara.

Kemungkinan terburuk atraksi balon udara adalah terbakarnya balon udara karena panas yang tinggi, mengingat kondisi cuaca di kota Bandung akhir-akhir ini sangat panas, kemungkinan terburuk lainnya adalah bertabrakannya balon udara karena hembusan angin.

Diharapkan Hot Air Balloons Fiesta harus benar-benar dipersiapkan secara profesional dan matang, jangan sampai musibah terus berulang di kegiatan Bandung Air Show.

Hal lainnya yang harus diperhatikan pihak panitia Bandung Air Show adalah masalah kemacetan dan sampah menumpuk yang pernah terjadi pada kegiatan Bandung Air Show tahun 2012, pihak panitia harus menyediakan titik-titik parkir dan menaruh tempat sampah di area kegiatan BAS 2015. (Bagoes Rinthoadi)