Dubes AS Kunjungi 34 Sukarelawan di Kota Bandung

IMG_20150907_022732

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert O. Blake, Jr., secara khusus datang ke kota Bandung, Selasa, (1/9/2015), di Sheraton Bandung Hotel & Towers jalan Ir.H.Djuanda untuk memberikan sambutan dalam kegiatan orientasi Fulbright English Teaching Assistantship (ETA).

Kedatangan Dubes AS Robert Blake disambut antusias oleh 34 sukarelawan asal Amerika Serikat yang mendapatkan beasiswa dari Fulbright untuk menjadi tenaga pengajar sukarela atau volunteer di Indonesia melalui program Fulbright English Teaching Assistantship (ETA).

Fulbright sendiri dikelola oleh American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF), yaitu yayasan yang dibentuk oleh Pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat di tahun 1992 yang rutin mendatangkan asisten guru bahasa Inggris sejak 2004 melalui program Fulbright ETA.

IMG_20150907_022735

“Program ini merupakan kesempatan baik bagi anda sekalian untuk mengenal Indonesia lebih jauh,” kata Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert O. Blake, Jr., di awal pidato sambutannya, “Selain itu kebudayaan setempat dapat dipelajari, sehingga metoda pengajaran dapat dikombinasikan dengan kebudayaan,” ujarnya.

Lebih lanjut Robert Blake mengatakan, para sukarelawan dapat memotivasi guru dan murid di tempat mereka ditugaskan, agar guru dan murid di Indonesia dapat meningkatkan penggunaan bahasa Inggrisnya dalam percakapan sehari-hari.

Di akhir paparannya, Robert Blake mengatakan, setelah 34 sukarelawan mengajar di Indonesia selama 9 bulan, diharapkan mereka dapat memahami kebudayaaan Indonesia, sehingga dapat meluruskan pandangan yang salah tentang Indonesia kepada masyarakat Amerika Serikat.

Sebagai penutur asing, ke-34 sukarelawan asal Amerika Serikat akan ditugaskan menjadi asisten guru bahasa Inggris di 34 sekolah menengah atas dan sederajat termasuk madrasah aliyah negeri di berbagai wilayah di Indonesia, seperti Medan, Martapura, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Bandung, Semarang, Kendal, Yogyakarta, Wonosari, Magelang, Malang, Pontianak, Palangkaraya, Banjarmasin, Manado, Makassar, Gorontalo, dan Mataram.

IMG_20150907_022739

Selain itu ke-34 sukarelawan diharapkan dapat mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai kebudayaan Amerika Serikat (AS), karena selama ini, pencitraan kebudayaan AS tidak sesuai dengan realita yang ada. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.