Pindad Siap Produksi 1000 Ekskavator Hingga Tahun 2016

Pindad 1

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Direktur Utama PT Pindad Silmy Karim menegaskan,  Pindad siap memproduksi 1000 alat berat Ekskavator hingga tahun 2016, namun untuk tahap awal pihaknya akan memproduksi sebanyak 600 Ekskavator.

Hal ini ditegaskan Silmy dalam sambutannya saat peluncuran produksi alat berat “Pindad Excava 200”, Kamis, (10/9/2015), di Kantor Pusat PT Pindad jalan Gatot Subroto Bandung, turut hadir dalam acara ini, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan Forum Wartawan Online (FWO) Bandung.

“Peluncuran produksi alat berat Pindad Excava 200 selaras dengan yang disampaikan Presiden Joko Widodo ketika berkunjung ke PT Pindad, yaitu Pindad agar mandiri,” kata Direktur Utama PT Pindad Silmy Karim di awal sambutannya, “Hal ini merupakan bagian kita untuk menunjukkan Indonesia mampu,” tegasnya.

Silmy mengatakan, saat ini berita-berita di media penuh dengan pesimisme, “Tidak adakah hal yang baik di Republik ini?” katanya, “PT Pindad berkontribusi untuk membangkitkan semangat,” ujarnya.

“Kita harus mengoptimalkan potensi yang ada di Pindad,” tegas Silmy, “Dukungan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta Menteri Pertahanan dalam mendukung peluncuran produksi alat berat Pindad Excava 200 sangat luar biasa,” ujarnya.

Lebih lanjut Silmy mengungkapkan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pernah menanyakan kepada dirinya apakah Pindad mampu membuat 1000 Ekskavator, “Saya bilang Pindad sanggup membuat 1000 unit Ekskavator ditahun 2016 bersinergi dengan BUMN lain, namun untuk 500 Ekskavator pesanan Menteri PU saya siap, walaupun jumlah tersebut tidaklah sedikit,” tegas Silmy, “Bahkan BUMN Karya sudah memesan 100 unit Pindad Excava 200,” ujarnya.

Pindad 2

Silmy mengatakan, modal kerja pembuatan Pindad Excava 200 adalah 30 persen dari kontrak tahun pertama, “Modal kerja untuk pembuatan massal Pindad Excava 200 adalah Rp.300 miliar, namun untuk Assembly, Pindad sudah ada,” katanya, di akhir paparannya Silmy mengungkapkan harga satu unit Pindad Excava 200 adalah Rp. 1,3 miliar, dan Pindad siap merebut pasar Ekskavator yang setiap tahunnya membutuhkan 7000 unit.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono mengatakan, saat ini masih banyak peralatan berat yang dibutuhkan Kementerian yang ia pimpin, “Ekskavator buatan PT Pindad akan kami gunakan untuk membangun jalan sepanjang 700 km di perbatasan Kalimantan,” katanya.

“Saya sangat berterima kasih kepada Pindad yang akan membuat Ekskavator ini, mudah mudahan saat penyerahan, Presiden Joko Widodo berkenan hadir,” ujar Basuki, “Seharusnya kerjasama ini sejak dari dulu sudah kita lakukan,” katanya, “Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan terus mendukung PT Pindad,” tegas Basuki di akhir paparannya.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan, Kementerian pertahanan menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada PT Pindad yang dapat membuat Ekskavator secara mandiri, “PT Pindad patut mendapat apresiasi yang tinggi,” tegasnya.

Pindad 3

Lebih lanjut Ryamizard mengatakan, PT Pindad dituntut mampu berkarya untuk pertahanan dan non pertahanan, “Selama ini PT Pindad telah menunjukkan kapasitasnya,” katanya, “Produk alat berat Ekskavator yang diluncurkan PT Pindad adalah bentuk kemauan yang kuat,” ujarnya, “Kementerian Pertahanan juga akan memesan 100 unit Ekskavator,” tegas Ryamizard yang disambut tepuk tangan meriah para tamu undangan.

Secara teknologi dan rancang bangun, para staf dan tenaga ahli PT Pindad sudah menguasai teknologi Ekskavator kelas 20 ton seperti roda rantai dan berbagai komponen lainnya, bahkan Direktorat Produk Industrial PT Pindad sudah memasok produk komponen seperti Bucket Teeth untuk pemegang merek Ekskavator yang beroperasi di Indonesia.

Hingga saat ini, PT Pindad sudah memproduksi berbagai produk unggulan non Alutsista seperti, Clip (pengait) rel kereta api, motor traksi, Crane, dan berbagai Deck Machinery untuk kapal komersial, kapal perang, dan generator listrik. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.