Sababay Winery Akhirnya Hadir Di Kota Bandung

20160224_171910

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Sababay Winery yang merupakan wine asli Indonesia asal pulau Bali kini telah dapat dinikmati para pecinta wine kota Bandung.

Hal ini terungkap di acara Wine Pairing bertajuk, “Nation Branding Through Culinary,” Rabu, (24/2/2016), di Four Point by Sheraton jalan Ir.H.Juanda Bandung.

Turut hadir dalam acara ini, Chairman Sababay Winery Mulyati Gozali, CEO Sababay Winery Evy Gozali, Owner The Peak Connoisseurs Eddy Sugiri, Marketing Director Sababay Winery Manpalagupta Sitorus, dan National Sales Manager Sababay Winery Limi Mulya Hasan.

“Saat ini kebutuhan wine di Bali mencapai 21 juta botol per tahun,” kata Chairman Sababay Winery Mulyati Gozali dalam sesi Press Conference, “Namun sebanyak 95 persen merupakan wine impor,” ujarnya.

Lebih lanjut Mulyati mengatakan, sebenarnya lahan anggur di Indonesia lebih subur daripada di China.

“Saat ini di Bali terdapat 1000 hektar lahan anggur, namun yang bekerjasama dengan Sababay Winery sebanyak 80 hektar,” katanya, “Kapanpun petani anggur panen akan kita ambil,” ujarnya.

“Biasanya petani anggur di Bali menjual hasil panennya 500 rupiah per kilo, namun kami membelinya seharga 5000 rupiah per kilo,” kata Mulyati, “Saat ini ada petani anggur di Bali yang berpenghasilan 150 juta rupiah per tahun,” ungkapnya.

“Kondisi wilayah utara dan selatan di Bali sangat kontras,” ungkap Mulyati, “Perputaran uang dari turis sangat tinggi sekitar 30 triliun rupiah,” katanya, “Namun uang sebanyak itu tidak menyentuh petani di Bali,” ujarnya.

“Kami mengakui membuat wine sangatlah sulit, dan akhirnya kami mampu mengubah anggur menjadi wine,” ujar Mulyati, “Alkohol yang terkandung di wine Sababay adalah dari buah asli, dan kami tidak menambahkan alkohol,” kata Mulyati di akhir paparannya.

CEO Sababay Winery Evy Gozali mengatakan, Sababay mendapat suplai anggur untuk produksi wine dari petani lokal di Buleleng Bali, “Sababay menggagas konsep Corporate Farming yaitu kerjasama penjualan anggur secara eksklusif dengan harga yang wajar,” katanya.

“Sistem kendali suhu yang canggih, teknik irigasi lahan yang baik, serta seleksi Rootstock yang seksama memungkinkan Sababay Winery mengubah anggur menjadi ‘berlian’ dalam botol,” kata Evy.

“Produk – produk Sababay Winery yang telah meraih beberapa penghargaan internasional diantaranya Sababay Moscato d’Bali, Sababay Ludisia, Sababay Reserve Red, Sababay White Velvet, dan Sababay Pink Blossom,” kata Evy.

“Salah satu filosofi penting yang diterapkan di Sababay adalah pemeliharaan alam dan lingkungan,” kata Evy di akhir paparannya.

Marketing Director Sababay Winery Manpalagupta Sitorus mengatakan, Sababay Winery memiliki visi menjadi winery lokal terbaik di Asia Tenggara, “Fasilitas produksi Sababay berstandar internasional, dan dilengkapi peralatan pengolahan anggur tercanggih dari Prancis,” katanya.

Owner The Peak Connoisseurs Eddy Sugiri mengatakan, saat ini wine asal Indonesia sudah mulai disukai, “Saya sebagai distributor wine sudah lama ingin bekerjasama dengan Sababay Winery, dan akhirnya cita-cita kami yang utama dapat terwujud,” ungkapnya.

“Dengan MoU antara The Peak Connoisseurs dan Sababay Winery, menandakan hadirnya wine lokal Sababay di kota Bandung,” kata Eddy, “Kami akan menempatkan Sababay di titik pelayanan di kota Bandung dan kota-kota besar lainnya yang ada dalam cakupan The Peak Connoisseurs,” tegasnya.

“Sababay Winery merupakan masa depan Indonesia karena berkaitan erat dengan plasma inti dan ekonomi kerakyatan,” kata Eddy di akhir paparannya.

20160224_172543-1

Acara Wine Pairing di Four Point by Sheraton berlangsung meriah, ratusan tamu undangan belajar memadukan makanan dengan wine Sababay.

Wine Pairing menggandeng Chef Putri Mumpuni dari Aku Cinta Masakan Indonesia (ACMI) untuk menyajikan makanan seperti, Lumpia Semarang, Asinan Jakarta, Gado-Gado, Tahu Telor Surabaya, Soto Lamongan, Dori Rica-Rica, Sate Maranggi, Tumis Buncis Teri Medan, dan Kue Lumpur Jakarta.
Semua hidangan tersebut disandingkan dengan berbagai varian wine Sababay seperti, Sparkling wine Sababay, Moscato d’Bali, Sababay White Velvet, dan Sababay Reserve Red.

Para tamu undangan akhirnya dapat belajar lebih banyak bagaimana cara memadukan masakan nusantara dan wine Sababay, sehingga wine tidak melulu disandingkan dengan Steak, Seafood, dan Lemon Cake. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.