Le Meridien Bali Jimbaran Tanam Pohon ‘Suci’ di Momen Earth Hour

IMG-20160323-WA0000

ARCOM.CO.ID ,Bali. Le Meridien Bali Jimbaran yang merupakan salah satu hotel dalam naungan Starwood Hotels & Resort, pada peringatan Earth Hour 2016 ikut berpartisipasi dengan melakukan pemadaman listrik, pada Sabtu, (19/3/2016), mulai pukul 20.30 hingga 21.30 WITA.

Le Meridien Bali Jimbaran tidak hanya melakukan pemadaman listrik saja, namun melakukan aksi pelestarian dengan menanam pohon Majegau (Dysoxylum densiflorum), dan pohon Ancak (Hemandia Pellata) yang dilakukan oleh staf Le Meridien.

Marketing Communications Manager Le Meridien Bali Jimbaran Melody Siagian mengungkapkan, pemadaman selama satu jam di Le Meridien akan mengurangi daya pemakaian listrik hingga 227,5kwh atau hampir sama dengan pengurangan CO2 hingga 161.315 gram.

DSC07305-1

“Penanaman pohon Majegau dan pohon Ancak dilakukan karena pohon tersebut merupakan flora identitas Bali yang dilindungi,” kata Melody, “Pohon Majegau sering disebut juga sebagai cempaga, dan batang Majegau dipercaya sebagai simbolisasi Bhatara Sadasiwa, sehingga sering digunakan dalam upacara suci,” ujarnya, “Sedangkan pohon Ancak dipandang suci oleh penganut agama Hindu dan daunnya selalu dipakai dalam upacara suci,” katanya.

Lebih lanjut Melody mengatakan, Le Meridien Bali Jimbaran dalam melakukan aksi peduli lingkungan tidak hanya pada program Earth Hour saja, “Kami menjalankan sistem manajemen lingkungan dalam operasional sehari-hari,” kata Melody, “Kami telah melaksanakan berbagai inisiatif peduli lingkungan yang dilakukan sejak bulan Mei 2013,” tegasnya.

IMG-20160323-WA0002

Berikut program-program peduli lingkungan yang telah dilakukan Le Meridien Bali Jimbaran:

1. Energy & Water Conservation, seperti: pengolahan air limbah agar dapat digunakan kembali, penggunaan lampu hemat energi, penghijauan area dan pengurangan tekanan air.

2. Green Housekeeping, seperti penggunaan pembersih yang ramah lingkungan, kolam renang organik dengan air asin dan program peduli lingkungan untuk para tamu.

3. Sustainable Meeting Practice, seperti penggunaan “Digital Signage” yang hemat energy, tidak menggunakan kain penutup pada meja rapat, kemasan air mineral botol plastik berdasarkan permintaan, dan penggunaan kertas daur ulang.

4. Waste Management, seperti menyediakan tempat sampah berdasarkan organik dan non-organik, mendaur ulang air, dan pengurangan emisi karbon dengan diesel.

5. Social Responsibility, seperti pembersihan jalan raya, dan pengasapan anti nyamuk demam berdarah di desa dan perumahan sekitar.

Le Meridien Bali Jimbaran yang berlokasi di jalan Bukit Permai di area desa nelayan, memiliki 117 kamar dengan 10 jenis kamar yang didukung oleh fasilitas pendukung untuk MICE dan Leisure, serta pegawai yang profesional, Le Meridien Bali Jimbaran mempunyai tujuan utama yaitu memberikan pelayanan yang tidak terlupakan bagi seluruh tamu. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.