Sungai Citarik Meluap Akibatkan Banjir Bandang

ARCOM.CO.ID ,Cicalengka. Akibat hujan deras yang terjadi di daerah kabupaten Sumedang dan kabupaten Bandung, sungai Citarik yang melintas di daerah Cicalengka meluap dan mengakibatkan banjir bandang.

Menurut anggota Basarnas dari Kantor SAR Bandung 111 Mamank Kuraya (35 th), yang ditemui Jumat, (1/4/2016), mengatakan, sekitar pukul 14.45 WIB, terjadi banjir bandang akibat luapan sungai Citarik yang menerjang Desa Sindang Pakuon Cimanggung Sumedang, Desa Paninjauan dan Desa Cikopa Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung.
“Sekitar pukul 15.10 WIB, Basarnas Kansar Bandung berhasil mengevakuasi lima warga yang terjebak banjir, yaitu, Rohman (40 th), Beben (38 th), Dedi (25 th), Hajat (33 th), Eem (37 th),” ujar Mamank.

“Pada saat evakuasi yang jaraknya tidak begitu jauh dari Kantor SAR, kami hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit mengevakuasi warga dengan cara melempar tali Carmantel kepada korban yg terjebak,” kata Mamank.

Di akhir paparannya, Mamank mengatakan, kejadian banjir bandang ini adalah yang pertama kalinya terjadi di daerah Cicalengka, “Mungkin akibat hujan yang sangat deras dari siang tadi,” ujarnya. (Abah Iwan)