Tokoh Fiksi Lupus Akan Dihidupkan Kembali

20160417_104618-1

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Rumah Kreatif Lupus bekerjasama dengan Tirana Art Management dan didukung Sahabat Asia Bianglala (Sahala) akan memunculkan kembali tokoh fiksi Lupus Baru dalam format novel, komik, musik, Online, Series, komik strip Online, dan cerita anak.

Hal ini terungkap dalam Press Conference “Nulis Lupus Bareng”, Minggu, (17/4/2016), di Marlo Kitchen by Chef Norman jalan Tamblong Bandung, turut hadir Pengarang dan Penulis Novel Lupus Hilman Hariwijaya, Juri Penulisan Lupus Baru Gusur Adhikarya dan Boim Lebon.

“Saat Lupus diterima publik dan menjadi Trend Setter, saya sadar, Lupus adalah milik generasi muda Indonesia,” kata Hilman di awal paparannya, “Saya ingin Lupus tetap hadir dan menjadi inspirasi generasi muda,” ujarnya, “Oleh karenanya Lupus akan saya kembalikan kepada generasi muda untuk dihidupkan kembali sesuai jamannya,” tegasnya.

Lebih lanjut Hilman mengakui, jaman Lupus sudah berlalu dan generasi sekarang tidak kenal tokoh Lupus, “Anak sekarang lebih mengenal Justin Bieber ketimbang Lupus,” katanya, “Namun kehadiran Lupus harus tetap ada dan eksis seperti tokoh Batman dan Superman,” tegasnya.

“Lupus bukan sekedar karakter yang muncul dalam novel,” kata Hilman, “Lupus mampu menciptakan tren pada masanya, dan mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan sosial, ekonomi, dan gaya hidup,” ujarnya, “Lupus merupakan aset bagi dunia fiksi pop Indonesia,” tegasnya.

Di akhir paparannya Hilman mengatakan, Lupus memiliki filosofi, yaitu ingin mengajak generasi muda untuk tidak merokok, maka Lupus lebih memilih permen karet, “Serial novel Lupus diharapkan manis seperti mengunyah permen karet,” katanya.

Novel Lupus pertama kali diterbitkan tahun 1986 dengan judul Lupus I: “Tangkaplah Daku Kau Kujitak”, karakter Lupus sendiri identik dengan mengunyah permen karet dan model rambut jambul.

Dalam novelnya, Lupus memiliki adik bernama Lulu, Ibu bernama Anita dan Ayah yang telah meninggal bernama Mulyadi, adapun teman-teman Lupus diantaranya Boim, Gusur, Anto, Aji, Fifi Alone, Adi Darwis, Gito, Iko-Iko, Pepno, Happy, Uwi, sedangkan yang pernah menjadi kekasih Lupus adalah Poppy, Rina, Happy, dan Nessa.

Kandidat penulis Lupus Baru akan dijaring melalui pencarian bakat, peminat mengirimkan idenya melalui tulisan pendek tentang Lupus.

Sejak pendaftaran dibuka, banyak ide-ide unik dan menarik, mulai dari Lupus menjadi pengusaha muda, penjelajah waktu, dan motivator, namun ada yang mempertahankan Lupus sebagai wartawan lengkap dengan sahabat-sahabatnya yang unik.

Ide Lupus Baru dapat diekspresikan dalam bentuk cerita fiksi pendek atau komik sepanjang satu halaman A4.

Ide dikirimkan melalui email: nulislupus@gmail.com dan dilengkapi dengan data seperti, nama lengkap, usia, alamat domisili lengkap dan nomor Handphone, karya dikirimkan paling lambat 20 April 2016.

Karya terbaik akan mendapatkan undangan seleksi dan penjurian dari Trio Penggagas Lupus (Hilman, Boim, dan Gusur), di kota Bandung, selain itu karya terbaik akan diterbitkan dalam bentuk novel, komik, dan Online Series, serta diberi honor atas karya yang diterbitkan.

Penjurian Nulis Lupus Bareng akan diadakan di Kantinnasion, Sabtu, (23/4/2016), di jalan Ambon nomor 8A, sedangkan Workshop diadakan, Minggu, (24/4/2016), di tempat yang sama.

Kandidat penulis Lupus Baru akan menerima bimbingan teknis, Coaching Clinic, Workshop, Mentoring, dan diskusi dari Trio Lupus. (Bagoes Rinthoadi)