British Council dan HSBC Gelar Kids Read 2016 di SDN Banjarsari

20160514_100933

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Untuk lebih memperkuat keterlibatan guru, siswa, dan orang tua, dan mendorong tumbuhnya minat baca anak, British Council melalui entitas Yayasan Dewan Inggris Indonesia dan HSBC menggelar acara komunitas bertajuk, “Kids Read 2016”, Sabtu, (14/5/2016), di SDN Banjarsari jalan Merdeka Bandung.

“Program Kids Read merupakan program holistik, karena sekolah, guru, orang tua, dan anak-anak dirangsang untuk mencintai membaca,” kata Master Trainer Program Kids Read 2016 Itje Chodijah dalam paparannya.

Lebih lanjut Itje mengatakan, cerita merupakan alat paling ampuh untuk merangsang minat baca anak, “Membaca memerlukan metode yang baik dalam penyampaiannya, agar pesan dan pelajaran yang disampaikan dalam cerita dapat diterima dengan baik oleh anak-anak,” tegasnya.

Head of Corporate Sustainability HSBC Indonesia Nuni Sutyoko mengatakan, Kids Read 2016 di Bandung diharapkan semakin menumbuhkan minat baca pada anak didik, “Diharapkan semakin banyak pintu keberhasilan terbuka bagi adik-adik SD di kemudian hari,” katanya, “Hal tersebut dapat diwujudkan dengan sinergi dan keselarasan yang tercipta antara guru, orang tua, dan murid,” ujarnya.

Kegiatan komunitas Kids Read 2016 di SDN Banjarsari Bandung sendiri melibatkan 85 guru SD, 60 siswa, dan 40 orag tua siswa, kegiatan ini didukung relawan dari HSBC dan Bank Ekonomi, Komunitas Mendongeng Bengkel Kriya Imut (Bengkimut), dan Komunitas Weekend Workshop (WEWO).

Kids Read 2016 di SDN Banjarsari terdiri dari pelatihan bahasa Inggris untuk guru, sesi mendongeng, dan Lokakarya kerajinan boneka kayu untuk anak.

20160514_094631

Program Kids Read 2016 yang diluncurkan Februari 2016 hingga saat ini telah melibatkan 300 guru yang dilatih langsung oleh 9 Master Trainers.

Acara Komunitas Kids Read 2016 digelar bertepatan dengan bulan Pendidikan, dan salah satu upaya mendukung gerakan literasi Pemerintah Kota Bandung.

HSBC dengan dukungan Dinas Pendidikan Kota Bandung menargetkan menjangkau 400 siswa, 1010 guru, dan 200 orang tua murid yang akan dilibatkan selama pelaksanaan program Kids Read 2016 di kota Bandung.

Kegiatan utama program Kids Read 2016 adalah pelatihan bagi guru tingkat Sekolah Dasar meliputi metodologi bercerita, memilih buku yang pantas untuk anak-anak, mengintegrasikan mata pelajaran di sekolah dengan metode bercerita, dan teknik mengajarkan bahasa Inggris kepada anak-anak, guru-guru tersebut tergabung dalam 15 sekolah mitra British Council-HSBC.

Lima belas Sekolah tersebut adalah, SDN Cimuncang, SDN Cirateun, SDN Pajajaran, SDN Patrakomala, SD Langensari, SDN Cibeureum, SDN Bojong, SDN Pasawahan, SDN Pabaki, SDN Bhakti Winaya, SDN Cempaka Arum, SDN Cipamokolan, SDN Cipadung 3, SDN Lokajaya, dan SDN Griya Bumi Antapani.

Program Kids Read 2016 merupakan program lanjutan yang sebelumnya telah menjangkau 1862 siswa, 610 guru, dan 172 sekolah yang tersebar di Jabodetabek.

Indonesia merupakan negara pertama di Asia Pasifik yang melakukan program Kids Read, keberhasilan program ini diikuti dan diadaptasi oleh negara Hongkong, Bangladesh, Thailand, Vietnam, dan Korea Selatan. (Bagoes Rinthoadi)