Yoyok Satiotomo: Wajib Pajak Antusias Ikut Tax Amnesty

20160715_103230

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Kepala Kanwil DJP Jabar I Yoyok Satiotomo mengatakan, Wajib Pajak (WP) yang ada di Bandung dan sekitarnya antusias mengikuti program pengampunan pajak (Tax Amnesty) yang dicanangkan pemerintah.

Hal ini dikatakan Yoyok di sela-sela acara Bimbingan Teknis Pengampunan Pajak di lingkungan Kanwil DJP Jawa Barat I, II, dan III, Jumat, (15/7/2016), di Kakanwil Pajak Jabar I jalan Asia Afrika Bandung.

“Saya sudah berkonsultasi dengan beberapa konsultan pajak yang ada di kota Bandung dan sekitarnya agar mempersiapkan para wajib pajaknya untuk ikut program Tax Amnesty,” kata Yoyok, “Menurut para konsultan pajak, para wajib pajak sangat antusias ikut program Tax Amnesty,” ujarnya.

Lebih lanjut Yoyok mengatakan, Kanwil DJP Jawa Barat I sudah bisa menerima permohonan Tax Amnesty dari para wajib pajak, “Semoga program Tax Amnesty ini berhasil, karena bila berhasil semua program pemerintah seperti paket ekonomi 1 sampai 12 bisa berjalan,” kata Yoyok, “Pemerintah berharap semua Wajib Pajak ikut Tax Amnesty,” ujarnya.

“Menurut Menteri Keuangan, dana orang Indonesia yang ada di luar negeri sebesar 11.000 triliun rupiah, maka kita mengutamakan Wajib Pajak yang punya simpanan di luar negeri,” kata Yoyok, “Mereka akan direpatriasi, minimal dideclare,” ujarnya.

“Kami melakukan Tax Amnesty dalam upaya meningkatkan penerimaan pajak,” kata Yoyok, “Selain itu di Jawa Barat kami mendeteksi banyak harta yang belum dilaporkan di SPT,” pungkas Yoyok.

Program Tax Amnesty akan mulai berlaku 18 Juli 2016 hingga 31 Maret 2017, dan tidak diperpanjang atau ditawarkan lagi di masa yang akan datang.

Syarat mengikuti program Tax Amnesty diantaranya membayar uang tebusan, menyampaikan surat pernyataan pengampunan pajak dan melampirkan bukti pelunasan pajak.

Bila tidak ada program Tax Amnesty akan semakin tidak adil, karena Wajib Pajak akan diam saja tidak membayar pajaknya sama sekali, namun dengan Tax Amnesty Wajib Pajak akan membayar pajaknya.

Hal strategis yang ingin dicapai program Tax Amnesty adalah untuk meningkatkan penerimaan pajak, mendorong reformasi perpajakan, dan mempercepat pertumbuhan ekonomi. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.