Pemerintah Negara Bagian New South Wales Ciptakan Rekor Anggaran Belanja Investasi Infrastruktur

Pierre Abrahamse (1)

ARCOM.CO.ID ,Jakarta. Perusahaan Crown Group yang berbasis di Sydney Australia dan merupakan perusahaan pemenang berbagai penghargaan, Senin (8/8/2016), memberikan laporan terbaru mengenai anggaran belanja pemerintah negara bagian New South Wales periode tahun 2016 – 2017 pada investasi infrastruktur, seperti diketahui, komitmen utama untuk infrastruktur akan mendukung pembangunan masa depan di negara khususnya di The Sydney Metropolitan Area.

Anggaran 2016 -2017 yang diumumkan oleh New South Wales Treasurer and Minister for Industrial Relations in the second Baird Government Gladys Berejiklian memfokuskan pada investasi infrastruktur sebesar $73.3 billion dan dialokasikan untuk New South Wales.

Pendanaan ini didedikasikan untuk proyek-proyek infrastruktur utama seperti Parramatta Light Rail, Sydney Metro City, Southwest dan Northwest, WestConnex, dan infrastruktur jalan utama lainnya.

Anggaran 2016 -2017 juga lebih menekankan pada penyediaan infrastruktur dengan penyediaan perumahan melalui Housing Acceleration Fund (HAF).

Housing Acceleration Fund memiliki posisi yang kuat di anggaran 2016 -2017 senilai $262 million yang dialokasikan untuk mendukung infrastruktur dan pengembangan baru di South West dan Western Sydney.

Pemerintah sangat memahami, investasi di sektor perumahan dan infrastruktur akan mendorong pertumbuhan ekonomi, investasi tersebut lebih menekankan pada jalan baru dan koneksi rel kereta api untuk mengurangi kemacetan dan  menghubungkan pusat pertumbuhan di Sydney serta memunculkan pekerja dan lapangan kerja baru.

Crown Group National Development Director Pierre Abrahamse mengatakan, perhatian Pemerintah Negara Bagian New South Wales kepada infrastruktur Sydney menunjukkan betapa pentingnya Sydney dalam menumbuhkan ekonomi negara.

“Penganggaran ini menunjukkan komitmen Pemerintah Negara Bagian New South Wales untuk meningkatkan infrastruktur di Sydney,” kata Pierre, “Proyek-proyek besar baru akan membantu posisi Sydney di Australia sebagai pasar properti yang sedang tumbuh pesat,” ujarnya.

CEO Urban Taskforce Australia Chris Johnson ikut memberikan pandangannya mengenai pengumuman “The 2016-17 NSW Budget includes $10.5 billion for Public Transport as part of a 4 Year Investment in Infrastructure of  $73.3 billion”.

“Komitmen yang sangat besar terhadap infrastruktur akan mendukung pembangunan di masa depan terhadap kepadatan di perkotaan dan di seluruh negeri terutama di Sydney metropolitan area,” kata Chris.

The Budget Papers memberikan prediksi tentang perkembangan pasar perumahan di New South Wales: “Kegiatan ini diharapkan mendukung, karena siklus perumahan saat ini lebih panjang dari siklus sebelumnya, suku bunga yang rendah, pertumbuhan penduduk yang tinggi, dan keterbatasan pasokan”.

Tiga poin penting dari anggaran baru yaitu:

Kelanjutan Housing Acceleration Fund (HAF): Selama beberapa tahun terakhir sektor pembangunan telah menjadi penerima manfaat utama dari HAF, Pemerintah sendiri telah mengalokasikan dana tambahan sebesar $262 million kepada HAF, dan dana tersebut akan digunakan untuk mendanai proyek-proyek infrastruktur di seluruh negara bagian.

Pendanaan Infrastruktur Besar dan rencana Masa Depan: Anggaran telah diberikan secara masif sebesar $12 billion untuk Sydney Metro Projects, $6.2 billion untuk Sydney Metro & Southwest, dan $5.8 billion untuk Sydney Metro Northwest selama empat tahun ke depan, dana ini akan digunakan untuk melanjutkan Metro Northwest dan melanjutkan The Metro under the Harbour dan Bankstown, di tahun 2016-17 akan terlihat peletakan trek dan pembangunan konstruksi New Metro Stations serta kelanjutan pembangunan konstruksi Skyrail.

Sydney dan Parramatta Light Rail: Proyek Light Rail akan menerima tambahan sebesar $135 million yang dialokasikan untuk Sydney dan Parramatta Light Rail Projects, selain itu $64 million dari pendanaan ini akan digunakan untuk persiapan pekerjaan di Parramatta Light Rail, dan sisanya akan digunakan untuk pekerjaan di Sydney Light Rail Projects. (Bagoes Rinthoadi / Crown Group)