IWP Tawarkan Berlian Di Bawah Satu Juta Rupiah

img_20161111_083034

ARCOM.CO.ID ,Bandung. GM Produksi Indo Wisata Permata (IWP) Sarfaraz mengatakan, selain menjual berlian seharga satu jutaan hingga di atas 150 jutaan, dalam waktu dekat, IWP akan membuat berlian dengan harga di bawah satu juta rupiah.

Hal ini diungkapkan Sarfaraz saat ditemui di kawasan Indo Wisata Permata (IWP) Rabu, (9/11/2016), di Komplek Citra Green Dago Blok N 1-10 Bandung.

“Maksud IWP membuat berlian di bawah satu juta rupiah adalah untuk menghilangkan keraguan harga berlian di IWP itu mahal,” kata Sarfaraz di awal paparannya.

“Berlian di bawah satu juta rupiah tentu berbeda dengan berlian di atas satu juta rupiah,” kata Sarfaraz, “Kadar emas dan kualitas berlian akan kita sesuaikan,” ujarnya.

img_20161111_083039

Mengenai Indo Wisata Permata (IWP), Sarfaraz menjelaskan, IWP berkonsep edukasi dan memberikan pengetahuan tentang berlian kepada masyarakat, “Di IWP kita buka untuk umum, pengunjung dapat melihat secara langsung proses pembuatan berlian hingga selesai,” kata Sarfaraz.

“Kita akan menjelaskan secara garis besar sambil pengunjung melihat proses pengerjaan berlian, dari Planning hingga Finishing,” ungkap Sarfaraz, “Prosesnya bisa memakan waktu 20 menit tergantung besar kecilnya berlian,” ujarnya.

Lebih lanjut Sarfaraz menegaskan, kelebihan proses pembuatan berlian di IWP adalah menggunakan laser, “Laser membuat presisi berlian lebih sempurna,” ujarnya.

Mengenai bahan baku berlian, Sarfaraz mengungkapkan, bahan mentah berlian diambil dari Banjarmasin dan Pontianak, “Namun saat ini kita sedang kesulitan bahan baku, apalagi sekarang musim hujan, sehingga penambang di Kalimantan banyak yang tidak beroperasi,” ungkapnya.

img_20161111_083114

Mengenai kunjungan masyarakat ke Indo Wisata Permata (IWP), Sarfaraz mengakui ada peningkatan, “Pengunjung yang datang ke IWP grafiknya naik walaupun tidak signifikan,” ujarnya, “Pengunjung datang dari berbagai provinsi, seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur, bahkan dari luar negeri pun ada,” ungkapnya.

Mengenai tenaga kerja di IWP, Sarfaraz mengatakan, pihak IWP menggunakan tenaga kerja dari India, “Hal ini dimaksudkan untuk alih teknologi, karena ke depannya tenaga kerja dari India akan mentransfer ilmu tentang pengerjaan berlian pada tenaga kerja dari Indonesia,” kata Sarfaraz.

“Saat ini orang Indonesia dalam membuat berlian menggunakan Feeling, dan belum begitu mahir menggunakan komputer serta membaca Print Out mesin pembuat berlian,” ungkap Sarfaraz

Lebih lanjut Sarfaraz mengatakan, belum ada tempat di Indonesia seperti Indo Wisata Permata, “Di Belanda ada tetapi pembuatan berliannya tidak menggunakan laser,” kata Sarfaraz.

img_20161111_083054

“Ke depannya Indo Wisata Permata akan banyak membuat Wedding Ring atau cincin kawin,” ungkap Sarfaraz, “Rencananya akan dimulai bulan Desember 2016,” kata Sarfaraz.

Mengenai harga, Sarfaraz mengatakan, harga berlian di IWP bervariasi, “Harga berlian di IWP sesuai standarisasi dari Amerika, karena berlian di IWP menggunakan sertifikat dari Gemological Institute of America (GIA),” kata Sarfaraz.

Di akhir paparannya Sarfaraz menjelaskan, berlian yang baik tergantung 4C, “Diamond baik dilihat dari Colour, Clarity, Carat, dan Cut,” ungkapnya, “Semakin putih berlian, maka harganya semakin mahal,” pungkasnya.

img_20161111_083103

Public Relation Indo Wisata Permata (IWP) & Skylight Cafe Resto & Lounge Dian Permatasari mengatakan, konsep IWP adalah edukasi, sehingga diperuntukan untuk semua kalangan, “Target pengunjung IWP mulai dari anak kecil sampai dewasa, dan menengah bawah hingga menengah ke atas,” kata Dian.

“Masuk ke dalam IWP bukan menggunakan tiket, tapi menggunakan voucher senilai 50 ribu rupiah, dan pengunjung bisa menukar voucher tersebut untuk makan dan minum di Skylight Cafe, ataupun dipakai belanja berlian,” kata Dian, “Sehingga selain mendapatkan pengetahuan mengenai berlian, pengunjung dapat makan dan minum di Skylight Cafe Resto & Lounge,” ujarnya.

“Harga berlian di IWP terjangkau, jadi jangan khawatir dan takut, karena kita juga menyediakan berlian seharga satu jutaan dengan kualitas yang tetap terjaga,” ungkap Dian.

“Indo Wisata Permata (IWP) setiap hari Senin libur, dan buka kembali dari Selasa hingga Minggu mulai pukul 10 pagi hingga pukul 5 sore,” pungkas Dian. (Bagoes Rinthoadi)