Kasal Ade Supandi Bakti Sosial di Kampung Halaman

p_20161128_123034_1_1

ARCOM.CO.ID ,Batujajar. Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E.,M.A.P., didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi berkesempatan melakukan Bakti Sosial di kampung halamannya di Desa Pangauban Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat.

Acara Bakti Sosial Kasal Ade Supandi bersama jajaran TNI AL berlangsung, Senin, (28/11/2016), di Lapangan Desa Pangauban dan SDN Pangauban Batujajar, turut hadir Bupati Kabupaten Bandung Barat (KBB) Abubakar.

“Saya meninggalkan Desa Pangauban Batujajar tahun 1979,” kata Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi di awal paparannya, “Dulu saya pernah berjalan pulang bersama almarhum ayah saya hingga pukul satu malam, dan waktu itu belum ada lampu,” ujarnya.

Lebih lanjut Ade mengatakan, dirinya menjadi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) berkat kedua orang tuanya, “Perjuangan kedua orang tua saya luar biasa,” kata Ade.

img_20161129_093834

Ade mengungkapkan, setelah 25 tahun, akhirnya ada orang Sunda yang memimpin Angkatan Laut, “Sebelumnya ada Laksamana Laut R.E. Martadinata,” ujarnya.

Ade mengatakan, kesempatan mengembangkan karir adalah berkat keluarga, “Ibu saya tidak pernah marah, yang suka marah ya Ayah saya,” kata Ade, “Ibu selalu menemani saya saat belajar, sehingga berkat didikan orang tua, saya bisa berkompetisi dengan siswa-siswa unggulan,” tegas Ade.

Ade mengungkapkan, dirinya pernah dimasukan ke dalam Pesantren oleh orang tuanya selama dua tahun, “Jangan lupa mendidik agama pada anak-anak, karena agama merupakan benteng,” tegasnya.

Di akhir paparannya Ade mengungkapkan, Desa Pangauban Batujajar termasuk desa yang paling tua di Jawa Barat, “Kehadiran saya disini diharapkan dapat memberikan inspirasi,” kata Ade, “Jangan minder jadi orang kampung, karena semua orang besar berasal dari kampung,” pungkasnya.

Kehadiran Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi bersama TNI AL di Desa Pangauban Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat merupakan wujud kepedulian TNI Angkatan Laut membantu pemerintah untuk peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, serta menumbuhkan jiwa kebaharian.

img_20161129_093837

Dinas yang melaksanakan bakti sosial dan pemberian bantuan kesehatan di Desa Pangauban Kecamatan Batujajar adalah Dinas Pembinaan Potensi Maritim (Dispotmar) TNI Angkatan Laut.

Dispotmar yang saat ini dikepalai oleh Brigjen TNI Mar I Ketut Suarya, bertugas memberdayakan potensi kelautan, selain itu Dispotmar mempunyai tugas menyelenggarakan pembinaan fungsi dan pelaksanaan kegiatan pembinaan potensi nasional maritim yang meliputi pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM), sumber daya alam dan buatan, serta sarana dan prasarana nasional di bidang maritim juga dinamisasi pembangunan kelautan.

Bakti sosial bertemakan “Dengan Semangat Kebersamaan dan Kegotongroyongan, Kita Tingkatkan Percepatan Pembangunan di Daerah Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat”, meliputi sasaran fisik dan non fisik.

Desa Pangauban Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat merupakan bagian wilayah kerja Pangkalan AngkatanLaut (Lanal) Bandung yang termasuk dalam kategori daerah berpendapatan rendah.

img_20161129_093830

Adapun program yang dilaksanakan diantaranya, renovasi dua unit mushola, renovasi satu unit rumah tidak layak huni, penyerahan bantuan sembako untuk anak yatim piatu dan lansia sebanyak 1000 paket, bantuan bibit cabai sebanyak 1000 pohon, dan pembagian buku bacaan sebanyak 1000 buku,

Selain itu terdapat pelayanan kesehatan gratis seperti pengobatan massal, operasi katarak dan khitan yang melibatkan dokter dan para medis dari Dinas Kesehatan Angkatan Laut dan Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) Yonkes 2 Marinir.

Selain bertatap muka dengan masyarakat serta menyerahkan bantuan secara simbolis, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E.,M.A.P., didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi berkesempatan meninjau dan meresmikan mushola yang telah selesai direnovasi, yaitu Mushola Al Huda dan Al Muhajirin.

Kegiatan Bakti Sosial disiarkan secara langsung oleh radio komunitas TNI Angkatan Laut Radio Jalesveva Jaya Mahe (JJM).

Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut juga turut meramaikan kegiatan bakti sosial dengan menggelar pameran TNI Angkatan Laut yang mengusung tema Kemaritiman sebagai bagian dari mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia, serta visi TNI AL yaitu TNI Angkatan Laut yang Handal, Kuat dan Disegani, Siap Mengawal Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.