Peringati Hari Kesehatan Sedunia IDI Ciptakan Rekor ORI

img_20161205_013548

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kota Bandung dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Sedunia 2016 menggelar acara bertajuk, “Konsultasi Kesehatan Gratis 100 Dokter”, Minggu, (4/12/2016), di Atrium Mall Festival Citylink jalan Peta Bandung.

Turut hadir, Ketua IDI Cabang Kota Bandung Dr. Yoni Fuadah Syukriani, dr.,Sp.F.,M.Si.,DFM, dan Pimpinan Original Rekor Indonesia (ORI) Agung Elvianto.

“Tujuan acara Konsultasi Kesehatan Gratis 100 Dokter adalah pengabdian masyarakat, intinya mendekatkan profesi dokter dengan masyarakat,” kata Ketua IDI Cabang Kota Bandung Dr. Yoni Fuadah Syukriani di awal paparannya.

img_20161205_013555

“Selama ini pertemuan dokter dengan masyarakat hanya di rumah sakit atau klinik, dan dalam suasana tegang,” ungkap Dr. Yoni, “Namun saat ini kami para dokter datang langsung ke masyarakat agar komunikasi dapat dilaksanakan dalam suasana yang rileks,” ujarnya.

Lebih lanjut Dr. Yoni mengatakan, Konsultasi Kesehatan Gratis 100 Dokter diadakan agar masyarakat dapat memelihara kesehatannya, “Pengunjung Mall biasanya orang sehat, jadi kami menekankan edukasi pada masyarakat agar bisa hidup sehat,” ujarnya.

“Ini langkah pertama para dokter mendekatkan diri kepada masyarakat, mengapa diadakan di Mall, karena Mall merupakan tempat yang dapat dipersiapkan dalam waktu singkat, dan
Festival Citylink memberikan tempatnya Free of Charge,” kata Dr. Yoni.

img_20161205_013559

Dr. Yoni mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan para dokter adalah konsultasi antar pasien dan dokter, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan fungsi paru-paru, serta pemeriksaan kondisi berat badan dan kesehatan, “Saat ini penyakit yang timbul di musim hujan diantaranya, infeksi paru-paru serta alergi terhadap cuaca dingin dan basah,” pungkasnya.

Pimpinan Original Rekor Indonesia (ORI) Agung Elvianto mengatakan, di acara Konsultasi Kesehatan Gratis 100 Dokter telah terjadi pembuatan rekor baru, yaitu konsultasi dan pemeriksaan dokter terbanyak, “Acara ini masuk dalam kategori unik dan kolosal,” kata Agung.

“Ketika yang kita daftarkan 100 dokter, ternyata setelah kita cross check, terdapat 135 dokter,” ungkap Agung, “Artinya satu dokter mewakili 10 orang, jadi ada 1350 orang yang diperiksa secara gratis, maka kegiatan ini masuk kategori kolosal karena banyaknya jumlah peserta yang ikut diberi pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Lebih lanjut Agung mengatakan, acara Konsultasi Kesehatan Gratis 100 Dokter merupakan kejadian yang langka, karena mengumpulkan sedemikian banyak dokter di hari libur tidaklah gampang.

img_20161205_013552

“Rekor ini patut dibanggakan, dan kami berharap, masyarakat jangan memeriksakan diri ketika sakit saja, sebelum sakit sebaiknya check up agar penyakit bisa ditangani lebih cepat,” pungkas Agung.

Acara Konsultasi Kesehatan Gratis 100 Dokter yang diapresiasi oleh Original Rekor Indonesia (ORI), terselenggara berkat kerjasama IDI Cabang Kota Bandung dengan Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha dan Festival Citylink.

Sebelumnya IDI Cabang Kota Bandung telah mengadakan seminar gratis untuk dokter, serta pelatihan bantuan hidup dasar dan First Aid untuk guru Sekolah Dasar dan Siswa SMA se-Kota Bandung. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.