British Council dan Premier League Peduli Sepakbola Indonesia

20170315_144139

ARCOM.CO.ID ,Bandung. British Council dan Premier League menunjukkan kepeduliannya terhadap sepakbola di Indonesia khususnya kota Bandung dengan meluncurkan program “Premier Skills Indonesia”, yaitu pelatihan komunitas dan pengantar kursus pendidikan pelatih bagi 53 pelatih sepakbola akar rumput.

Untuk menjelaskan program “Premier Skills Indonesia”, British Council dan Premier League menggelar Press Conference, Rabu, (15/3/2017), di Crowne Plaza Bandung jalan Lembong.

Turut hadir, Direktur Pendidikan dan Kemasyarakatan British Council di Indonesia Teresa Birks, Head Coach Premier League Adam Lea, Programme Manager Premier Skills Kartini Sunityo, Kepala Bidang Kerjasama Pemerintah Kota Bandung Dodit Ardian, dan Press Manager British Council Indonesia Panji Pratama.

“Program Premier Skills Indonesia berlangsung di kota Bandung mulai 13 hingga 19 Maret 2017,” kata Direktur Pendidikan dan Kemasyarakatan British Council di Indonesia Teresa Birks di awal paparannya.

Lebih lanjut Teresa mengatakan, Premier Skills Indonesia diadakan untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi generasi muda di seluruh dunia dengan pendekatan sepakbola.

20170315_134652

“Olahraga dapat membantu anak muda membangun harga diri, kepercayaan diri, dan mengembangkan keterampilan sosial kehidupan,” kata Teresa, “Melalui olahraga, mereka dapat mempelajari kepemimpinan, pembentukan tim, serta keterampilan komunikasi yang nantinya berguna dalam pendidikan formal, karir, dan hubungan antar personal,” ujarnya.

“Selain pelatihan, tersedia serangkaian materi gratis, termasuk website khusus yang dapat dimanfaatkan para pelatih dan pembelajar bahasa Inggris,” kata Teresa, “Materi ini menggabungkan Premier League dan keahlian kelas dunia British Council dalam pengajaran bahasa Inggris,” pungkas Teresa.

Head Coach Premier League Adam Lea yang juga seorang Kepala Komersil, Pemasaran dan Operasional dari Klub Portsmouth mengatakan, selama 10 tahun terakhir Premier Skills sudah merambah 29 negara di seluruh dunia, “Program Premier Skills sangat efektif, bukan hanya untuk anak muda yang bermain bola, juga untuk melatih para pelatih sepakbola sehingga menjadi lebih baik,” ujarnya.

Adam mengakui, Indonesia sangat antusias dalam hal sepakbola, “Namun kita masih membutuhkan banyak bantuan dari berbagai pihak,” ujarnya.

“Untuk program Premier Skills Indonesia, kami membawa lima pelatih dari Premier League, yaitu dari Arsenal, Manchester City, Stoke, Cardiff City FC, dan Portsmouth,” kata Adam, “Kami berharap dengan melatih 53 pelatih Indonesia nantinya akan ada perubahan bagi sepakbola Indonesia, dan pastinya akan ada perubahan signifikan dalam hidup mereka,” tegasnya, Selama 10 tahun ke depan, kita akan terus menjalin hubungan dengan Indonesia,” ujar Adam.

20170315_144117

Adam mengatakan, Premier Skills Indonesia yang berlangsung selama 7 hari di Bandung membutuhkan tenaga dan kerja keras, “Program ini menantang anak-anak muda Indonesia untuk merubah dunia,” ujarnya, “Kita melatih pelatih yang ingin menerapkan sepakbola indah, dan merubah pelatih menjadi pelatih yang teredukasi, selain itu kami juga melatih para wasit,” kata Adam.

“Materi Program Premier Skills Indonesia adalah 50 persen di kelas dan 50 persen di lapangan, selain itu kita memberikan pelajaran melalui buku-buku,” pungkas Adam,

Programme Manager Premier Skills Kartini Sunityo atau biasa disapa Karin mengatakan, Program Premier Skills telah berlangsung di Indonesia selama tiga tahun, “Selama ini kita telah merangkul 1185 anak berusia 12 hingga 18 tahun, 267 pelatih komunitas, dan 16 komunitas lokal,” ungkapnya, “Selain itu kami memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas,” ujarnya.

Karin menegaskan, akan ada tiga capaian dalam program Premier Skills Indonesia, “Capaian tersebut adalah Coach Educator, Referee Programme, dan Community Development,” pungkas Karin.

Program “Premier Skills Indonesia” di kota Bandung melibatkan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Pemerintah Kota Bandung, dan klub kebanggaan kota Bandung Persib.

British Council dan Premier League berkomitmen bekerja sama dan memperpanjang program Premier Skills Indonesia hingga tiga tahun ke depan. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.