Prodia Gelar Seminar Waspada Diabetes Mellitus di Bandung

20170513_123948

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Laboratorium Klinik Prodia menggelar Seminar Dokter bertajuk, “Good Doctor for the Great Family – Seminar on DM Wellness Testing”, Sabtu, (13/5/2017), di Ballroom Harris Hotel Ciumbuleuit jalan Ciumbuleuit Bandung.

Turut hadir sebagai pembicara, Dr.Hikmat Permana, dr., SpPD-KEMD-FINASIM, dr. Nanny N.M. Soetedjo, SpPD-KEMD., M.Kes-DCN., FINASIM, Emmy F. Harefa, S.S., M.Kes, Regional Head PT Prodia Widyahusada, DR Mona Yolanda, M.Si, Apt, dan dr. Augusta Y. L Arifin, Sp.PD-KEMD., FINASIM sebagai moderator.

Saat sesi Press Conference, dr.Augusta selaku moderator mengatakan, para pembicara membahas berbagai permasalahan diabetes mellitus seperti, faktor risiko, penyulit diabetes mellitus, penatalaksanaan diabetes mellitus, dan peran biomarker dalam program wellness diabetes.

“Jumlah penyandang diabetes mellitus (DM) di Indonesia setiap tahun semakin meningkat,” kata dr. Augusta di awal paparannya, “Hal ini erat kaitannya dengan gaya hidup dan pola makan yang tidak seimbang,” ujarnya.

Lebih lanjut dr. Augusta mengatakan, menurut data terbaru di tahun 2016 yang ditunjukkan International Diabetes Federation, diabetes merupakan permasalahan yang menjadi perhatian dunia, “Sebagai ilustrasi, satu dari 11 dewasa menyandang diabetes, dan 12 persen dari dana kesehatan secara global teralokasikan untuk diabetes,” ujarnya, “Bahkan salah satu dari 7 kelahiran terkena gestational diabetes,” pungkasnya.

Pembicara lainnya dr. Nanny mengatakan, Perkumpulan Endokrinologi (Perkeni) menyatakan, jumlah penyandang diabetes di Indonesia mencapai 9,1 juta orang, “Indonesia berada di peringkat lima teratas sebagai negara dengan jumlah penderita diabetes terbanyak di dunia,” tegasnya.

20170513_120945-1

Lebih lanjut dr. Nanny mengatakan, organisasi kesehatan dunia WHO memperkirakan jumlah penderita diabetes mellitus di Indonesia melonjak dari 8.4 juta penderita di tahun 2000, menjadi 21,3 juta di tahun 2030, “Usia penderita diabetes mellitus semakin muda,” pungkasnya.

Emmy F. Harefa mengungkapkan, seminar dokter yang digelar Prodia diadakan di 16 kota besar yaitu, Jakarta, Banda Aceh, Bogor, Surabaya, Bandung, Malang, Denpasar, Makassar, Medan, Solo, Manado, Yogyakarta, Balikpapan, Pekanbaru, Palembang, dan Padang,” Roadshow Talkshow ini sudah memasuki tahun ketujuh,” ungkapnya.

“Seminar ini menyasar penderita Prediabetes,” kata Emmy F. Harefa, “Saat ini usia remaja banyak yang menderita Prediabetes, dengan mendeteksi secara dini penderita bisa kembali normal,” ujarnya.

Lebih lanjut Emmy F. Harefa mengatakan, bila seseorang sudah menderita diabetes makan tidak bisa kembali normal, namun bisa dicegah agar tidak terjadi komplikasi, “Maka dibutuhkan parameter pemeriksaan Laboratorium,” tegasnya.

“Komplikasi yang banyak diderita penderita diabetes adalah komplikasi ginjal,” kata Emmy F. Harefa, “Komplikasi lainnya adalah jantung, stroke, bahkan impotensi,” ujarnya.

“Maka pemeriksaan di laboratorium sangat penting untuk mengetahui apakah kita menderita diabetes mellitus,” pungkas Emmy F. Harefa.

20170513_124209

Regional Head PT Prodia Widyahusada Mona Yolanda, mengatakan, Prodia ada kerjasama dengan BPJS Kesehatan yaitu bagi yang memiliki kartu BPJS Kesehatan bisa memeriksakan gula darahnya.

“Tujuan seminar dokter ini adalah memberikan edukasi bagi masyarakat tentang diabetes mellitus, dan bagi para dokter untuk reminding,” kata Mona, “Kami juga bersedia bekerja sama dengan komunitas dalam rangka mengendalikan diabetes mellitus,” pungkasnya.

Seminar Dokter bertajuk, “Good Doctor for the Great Family – Seminar on DM Wellness Testing” yang digelar Prodia diperuntukkan bagi dokter yang bertugas di layanan primer, Roadshow seminar dokter ini telah berlangsung sejak 2011, dan hingga kini berlangsung di 16 kota besar di Indonesia.

Diharapkan melalui seminar ini para dokter memahami informasi Wellness Testing guna mengidentifikasi risiko tahap dini perkembangan penyakit.

Selain itu untuk memberikan informasi kepada para klinisi tentang penatalaksanaan Prediabetes dan Diabetes Mellitus yang tepat berdasarkan diagnosi yang akurat, dan mendukung penegakkan diagnosis dan tata laksana yang lebih dini agar pencegahan dan penanganan Prediabetes dan Diabetes Mellitus dapat dilakukan lebih baik.

Laboratorium Klinik Prodia menyediakan panel Wellness Testing sebagai pemeriksaan lanjutan untuk mereka yang beresiko mengalami gangguan penyakit Diabetes Melitus, karena melalui panel Wellness Testing, diabetes melitus dapat diatasi sedini mungkin dan progresivitas perkembangan penyakit dapat dicegah. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.