LSM PMPR Indonesia Akhiri Aksi Sosial Ramadhan (Aksara)

IMG-20170619-WA0010

ARCOM.CO.ID ,Kabupaten Bandung Barat. LSM PMPR Indonesia dan LSM Kompas akhirnya mengakhiri rangkaian kegiatan Aksi Sosial Ramadhan (Aksara) 1438 H / 2017, Minggu, (18/6/2017), di Pondok Pesantren Al Furqon Desa Jambudipa Kec. Cisarua Kabupaten Bandung Barat.

Aksi Sosial Ramadhan (Aksara) yang merupakan kegiatan syiar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), bertujuan menumbuhkan rasa nasionalisme terkait empat pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika).

Kegiatan yang fokus dalam hal berbagi kepada sesama ini berlangsung meriah, dan peserta yang antusias hadir diantaranya, para santri, jajaran anggota LSM PMPR Indonesia dan LSM Kompas.

Antusiasnya peserta ditunjukan dengan banyaknya santri yang aktif mengajukan pertanyaan pada saat sesi tanya jawab, dan kegiatan Aksi Sosial Ramadhan (Aksara) dilanjutkan dengan acara buka puasa bersama.

LSM PMPR Indonesia dan LSM Kompas melalui Ketua Umum LSM PMPR Indonesia Rohimat Joker dan Sekjen Fajar Budhi Wibowo kemudian melakukan kegiatan berbagi tali kasih kepada santri.

Di sela-sela acara Sosialisasi 4 pilar kebangsaan yang dilaksanakan oleh LSM PMPR Indonesia, pimpinan Ponpes Al Furqon Ust. Fahmi Fauzi memberikan apresiasi kepada LSM PMPR Indonesia, “Kedatangan LSM PMPR Indonesia memberikan manfaat kepada anak-anak, termasuk dalam hal memberikan materi dan sosialisasi 4 pilar kebangsaan,” kata Ust. Fahmi.

“LSM PMPR Indonesia membuka wawasan anak-anak, walaupun mereka telah mendapatkannya di pelajaran PKN,” kata Ust. Fahmi, “Kehadiran LSM PMPR Indonesia ke Ponpes Al Furqon kami apresiasi,” tegasnya.

Di akhir paparannya, Ust. Fahmi mengatakan, kehadiran LSM PMPR Indonesia dapat memberikan motivasi kepada anak-anak, karena mereka perlu juga dorongan dan semangat dari orang luar Pondok Pasantren.

Seusai acara, pihak LSM PMPR Indonesia dan LSM Kompas melalui Sekjen Fajar Budhi mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan Aksi Sosial Ramadhan, “Kegiatan ini mengangkat tema Syiar NKRI dan Sosialisasi Konsensus Dasar 4 Pilar Kebangsaan,” kata Fajar.

“Kegiatan ini adalah rangkaian kegiatan LSM PMPR Indonesia dan LSM Kompas dalam menggelorakan semangat dan loyalitas kebangsaan,” kata Fajar, “Di dalamnya terdapat esensi edukasi wawasan kebangsaan bagi masyarakat,” ujarnya.

“Kami berharap, semoga kegiatan yang bernilai ganda dan berbasis sosial kemasyarakatan serta edukasi ini dapat menjadi trigger bagi seluruh elemen masyarakat dan organisasi lainnya,” kata Fajar.

“Karena kegiatan semacam ini dapat menumbuh kembangkan semangat solidaritas, kepedulian, dan kepekaan sosial terhadap sesama,” ungkap Fajar, “Tetapi yang paling penting dapat meningkatkan loyalitas serta jiwa nasionalisme rakyat,” pungkasnya.

Pondok Pesantren Al Furqon sendiri merupakan wadah pendidikan yang mengkhususkan membina anak-anak yatim dan dhuafa.

Penghuni Pondok Pesantren Al Furqon saat ini berjumlah 209 anak, dan datang dari berbagai daerah di Jawa Barat bahkan dari Nusa Tenggara.

kegiatan Aksi Sosial Ramadhan (Aksara) yang dilakukan LSM PMPR Indonesia dan LSM Kompas dilaksanakan di empat lokasi, yaitu, Kab. Bandung (11/6/2017), Kota Bandung (14/6/2017), Pendopo Kantor DPRD Kota Cimahi sekaligus pelantikan pengurus LSM PMPR Indonesia Kota Cimahi (17/6/2017), dan Pondok Pesantren Al Furqon Kab. Bandung Barat (18/6/2017). (RLS /BRH)

Comments are closed.