RSHS Siap Kawal Cuti Bersama Melalui Poliklinik Siaga

20170616_170850

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Direktur Utama RSUP dr. Hasan Sadikin (RSHS) dr. Ayi Djembarsari, MARS menegaskan, RSHS siap mengawal cuti bersama Idul Fitri 1438 H dengan membuka Poliklinik Siaga.

Hal ini ditegaskan dr. Ayi Djembarsari saat Konferensi Pers sekaligus Buka Puasa Bersama RSHS dengan Media, Jumat, (16/6/2017), di Lobi Ruang Humas RSHS jalan Pasteur Bandung.

“Selama libur cuti bersama Idul Fitri 1438 H lebih kurang 10 hari, RSHS kembali akan membuka Poliklinik Siaga,” kata Direktur Utama RSUP dr. Hasan Sadikin (RSHS) dr. Ayi Djembarsari, MARS di awal paparannya, “Dengan demikian, masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan saat libur lebaran tidak perlu resah,” tegasnya.

Lebih lanjut dr. Ayi mengatakan, Poliklinik Siaga RSHS akan buka di Instalasi Rawat Jalan RSHS pada 23,27,28,29, dan 30 Juni 2017, “Poliklinik Siaga dilakukan di Klinik 4 besar, yaitu, Klinik Penyakit Dalam, Klinik Anak, Klinik Obgyn, dan Klinik Bedah,” ungkapnya.

“Waktu pendaftaran Poliklinik Siaga mulai pukul 7 pagi hingga 12 siang, sedangkan waktu pelayanan mulai pukul 8 pagi hingga 2 siang,” kata dr. Ayi, “Para pasien akan dilayani di 5 Loket Instalasi Rawat Jalan RSHS,” ujarnya.

Dirut RSHS dr. Ayi mengungkapkan, pelayanan khusus yang tetap berjalan adalah pelayanan Metadon, “Klinik Metadon harus buka setiap hari,” tegasnya, “Untuk instalasi Gawat Darurat IGD tidak perlu dijelaskan, karena IGD sudah jaga setiap hari dalam 1 tahun, dan kami sudah mengatur Sumber Daya Manusia (SDM) On side dan On Call untuk IGD,” kata dr. Ayi.

“Untuk pelayanan Hemodialisa rutin, pada Senin, (26/6/2017) akan diliburkan, sedangkan Selasa, (27/6/2017) dan selanjutnya tetap ada pelayanan Hemodialisa rutin, termasuk di hari Minggu (2/7/2017),” ungkap dr. Ayi, “Untuk Senin, (3/7/2017), Hemodialisa rutin kembali ke jadwal normal, dan sejak hari itu pelayanan Hemodialisa CITO bisa dilakukan setiap hari,” ujarnya.

Dirut RSHS dr. Ayi mengatakan, untuk pasien yang membutuhkan pelayanan penyakit Thalassemia, dapat datang ke Klinik Penyakit Dalam atau Klinik Anak.

“Pelayanan Kemoterapi rawat jalan jadwal sudah diatur dan disesuaikan, sehingga tidak ada pelayanan pada saat cuti bersama,” kata dr. Ayi.

“Pelayanan penunjang tetap berjalan untuk Poliklinik Siaga, yaitu, Radiologi dan Laboratorium,” ungkap dr. Ayi, “Untuk pemeriksaan Radiologi bila tidak dapat ditunda pelaksanaannya di hari kerja, maka dilakukan di Radiologi IGD, sedangkan pelayanan Farmasi Poliklinik Siaga Idul Fitri bertempat di Depo Rawat Jalan,” ujarnya.

“Untuk pelayanan IGD, seperti biasa dilakukan siaga 24 jam On Site dengan antisipasi petugas On Call bila ada lonjakan kasus seperti korban massal kasus kecelakaan lalu-lintas,” kata dr. Ayi, “Namun kami berharap semoga tidak ada lonjakan kasus wabah,” ujarnya.

Di akhir paparannya, dr. Ayi menegaskan, pihak RSHS telah melakukan koordinasi dengan PMI, BPJS Kesehatan, dan Jasa Raharja. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.