Menteri KKP Susi Pudjiastuti Terima Gelar “Wadonna Pinunjul” dari BOMA Jawa Barat

Susi 1ARCOM.CO.ID ,Jakarta. Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menerima gelar “Wadonna Pinunjul” (pemberani) dari Baresan Olot Masyarakat Adat (BOMA) Jawa Barat, Rabu, (19/7/2017), di Gedung Mina Bahari jalan Batu, Gambir Jakarta Pusat.

Ratusan warga masyarakat adat di Tatar Sunda (BOMA Jabar) yang datang langsung ke Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk menyerahkan gelar “Wadonna Pinunjul” kepada Susi Pudjiastuti akhirnya lega dan terpuaskan setelah menunggu sejak tahun 2012.

“Mohon maaf para Olot harus menunggu selama 5 tahun untuk penganugerahan ini, hal ini karena kesibukan saya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan,” kata Susi, “Saya bangga dan berat menerima pengakuan ini, karena banyak makna dari pertemuan ini,” ujarnya.

Susi 2Tetua Kampung Adat Cikondang Kabupaten Bandung Abah Ilin mengatakan, para Olot memberikan gelar “Wadonna Pinunjul” agar Susi Pudjiastuti diberi kelancaran dalam mempertahankan dan mengembangkan alam serta lingkungan di Jawa Barat dan Nusantara, “Kami sadar tantangan dan hambatan bagi Susi Pudjiastuti pasti banyak,” ujar Abah Ilin yang merupakan representasi dari 20 kampung adat di Jawa Barat.

“Bisa dikatakan Susi Pudjiastuti sekarang sah menyandang gelar “Wadonna Pinunjul”, dan yang terpenting kehadiran para olot hari ini memperkuat keteguhan Susi Pudjiastuti dalam menata pelestarian kondisi maritim di Indonesia,” tegas Abah Ilin.

Acara penyerahan gelar “Wadonna Pinunjul” diramaikan seni buhun tradisional Tarawangsa dari Kampung Adat Rancakalong Kabupaten Sumedang, serta sesi dialog khusus dengan para olot.

Susi 3Terkait pemintaan para Olot yang diwakili Jajang Sanaga dari Kampung Adat Sanaga Kabupaten Tasikmalaya dan Abah Ugis Suganda dari Kampung Adat Ciptagelar Kabupaten Sukabumi yang meminta Susi Pudjiastuti kembali ke Jawa Barat untuk meramaikan Pemilihan Gubernur Jawa Barat, Susi Pudjiastuti mengatakan dirinya akan memikirkan secara serius namun Susi percaya di Jawa Barat masih banyak calon yang pantas.

Mengenai kerusakan lingkungan di Jawa Barat dalam 10 tahun terakhir, Susi mengatakan agar masyarakat Jabar datang  ke pemimpin daerah setempat atau kalau perlu ke Gubernur Jabar di Gedung Sate, “Katakan saja kata Susi harus diperbaiki segera,” tegas Susi, “Bila demi perbaikan lingkungan di mana pun silahkan pakai nama saya,” ujar Susi.

Salah satu tokoh yang hadir menyertai rombongan Gerakan Hejo yaitu Yena Iskandar Ma’soem mengatakan, dirinya terus mengamati sosok dan kiprah Susi Pudjiastuti, “Susi merupakan inspirasi kuat bagi kaum perempuan dan laki-laki di level nasional, bila Susi ditarik sejenak ke Jawa Barat untuk mengikuti  Pilgub Jabar saya setuju agar Susi lebih mulus di level nasional untuk ke depannya,” pungkas Yena. (Bagoes Rinthoadi)