Kodiklat TNI AD Fasilitasi Nikah Massal 50 Pasang Penyanyi Jalanan

KodiklatARCOM.CO.ID ,Bandung. Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan (Kodiklat) TNI AD menyelenggarakan dan memfasilitas kegiatan nikah massal 50 pasang pengantin berbagai usia yang tergabung dalam Kelompok Penyanyi Jalanan (KPJ), Selasa, (18/7/2017), di Gedung Mohammad Toha Kodiklat TNI AD jalan Aceh Bandung.

Turut hadir Komandan Kodiklat Letjend Agus Kriswanto, Wadan Kodiklat Mayjend TNI Bachtiar, dan Kapen Kodiklat Letkol CAJ Yosep Agung.

“Kegiatan nikah massal 50 pasang penyanyi jalanan yang difasilitasi Kodiklat TNI AD merupakan kegiatan yang sangat positif karena saat ini banyak penyanyi jalanan yang rentan melakukan pergaulan bebas tanpa ada ikatan pernikahan,” kata Komandan Kodiklat Letjend Agus Kriswanto di awal paparannya.

Lebih lanjut Dankodiklat berharap kegiatan nikah massal akan mendorong masyarakat untuk tertib administrasi kependudukan khususnya kepemilikan akta nikah, “ Karena Akta Nikah merupakan bukti legalitas seseorang untuk menjadi pasangan suami istri,” ujarnya, “Dengan kepemilikan Akta Nikah, maka pasangan suami istri akan hidup lebih nyaman di tengah-tengah masyarakat dan melahirkan generasi penerus dengan identitas orang tua yang jelas,” tegas Dankodiklat.

Dankodiklat“Tujuan dilaksanakannya kegiatan nikah massal adalah untuk membantu biaya pernikahan bagi pasangan yang tidak mampu khususnya bagi para penyanyi jalanan di kota Bandung,” kata Dankodiklat, “Pernikahan massal yang difasilitasi Kodiklat TNI AD diharapkan dapat meminimalisir kegiatan pergaulan bebas yang dilakukan oleh para penyanyi jalanan sekaligus memberikan kepastian hukum status hukum istri dan anak,” tegas Dankodiklat,” Hal ini sesuai dengan Undang-undang (UU) No 23/2006 tentang Administrasi dan Kependudukan (Adminduk),” ujarnya.

Sebelum dilaksanakan acara akad nikah, 50 pasangan yang akan menikah  berkumpul di halaman depan Gedung Mohammad Toha untuk melaksanakan Apel singkat yang dipimpin langsung oleh Dankodiklat.

Acara akad nikah sendiri berlangsung  khidmat dan lancar, kemudian dilanjutkan dengan iring-iringan Dankodiklat beserta istri , bersama seluruh pengantin mengelilingi seputaran kota Bandung diantaranya menuju Gedung Sate menggunakan delman hias serta diiringi rombongan sepeda ontel dan marawis. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.