Pengembangan Hunian Vertikal di Sydney Alami Pergeseran Karakter

Top Ryde City Living Viva Corner

ARCOM.CO.ID ,Jakarta. Untuk kali pertama dalam sejarah sejak tahun 1984, saat ini lebih banyak apartemen baru yang dibangun dibandingkan rumah tapak di Australia, dan pengamat properti mengatakan, pengembangan hunian vertikal di Sydney mengalami pergeseran karakter.

Informasi terbaru mengenai perubahan sifat perkembangan apartemen di Australia terutama di Sydney NSW diumumkan perusahaan pengembang properti pemenang penghargaan yang berbasis Sydney, Crown Group, Senin, (21/8/2017), di Jakarta.

John McGrath, Pendiri McGrath Real Estate Advisory Empire, McGrath Real Estate mengatakan, Sydney sedang mengalami perubahan perkembangan apartemen, “Untuk pertama kalinya dalam sejarah sejak tahun 1984, kami telah melihat lebih banyak apartemen baru yang selesai daripada rumah di Australia,” ujarnya.

“Laporan Kegiatan Bangunan terbaru dari the Australian Bureau of Statistics menunjukkan, 28.102 rumah baru dan 28.527 apartemen, serta Townhouse baru selesai pada kuartal Desember 2016,” kata John McGrath.

“Salah satu hal menarik tentang pengembangan apartemen akhir-akhir ini adalah perubahan sifat proyek,” kata John McGrath, “Beberapa hal telah berubah, Apartemen tidak lama lagi akan menjadi batu loncatan dan harganya lebih murah dibandingkan rumah,” tegasnya.

“Saat ini muncul tren yang kuat yaitu, pengembangan apartemen di atas pusat perbelanjaan, mirip gaya hunian di New York,” ungkap John McGrath

“Saya pikir kita akan melihat lebih banyak campuran ritel / pengembangan perumahan campuran di masa depan,” kata John McGrath, “Kita memiliki lebih banyak orang yang ingin tinggal di apartemen,” tegasnya.

“Dengan industri ritel etalase yang melawan persaingan online, tidak mengherankan jika melihat lebih banyak pemilik pusat mengubah aset komersialnya,” kata John McGrath.

John McGrath mengatakan, Crown Group merupakan pemimpin dalam pemindahan pusat perbelanjaan termasuk di dalamnya apartemen, “Top Ryde City Living merupakan salah satu contoh yang bagus,” tegasnya.

“Top Ryde City Living dibangun kembali termasuk di dalamnya terdapat apartemen hunian baru adalah contoh yang bagus,” kata John McGrath, “Dibongkar di tahun 2017 dan diselesaikan oleh Crown Group di tahun 2014, Top Ryde City Living saat ini menjadi rumah bagi 600 penduduk dan ratusan toko dengan pemandangan kota atau Blue Mountains,” ungkapnya.

CEO Crown Group, Iwan Sunito mengatakan, saat ini momen telah terbentuk,  “Crown Group mencoba untuk mendorong batasan inovasi melalui parameter desain di Sydney,” ungkapnya.

“Bahkan tren seperti itu sudah ada di Indonesia dimana banyak tempat tinggal vertikal berada di atas pusat perbelanjaan,” ungkap Iwan Sunito.

“Berdasarkan World Urbanization Prospects Report yang dikeluarkan PBB di tahun 2014, dikatakan di tahun 2050 lebih banyak orang tinggal di daerah perkotaan daripada di daerah pedesaan, dan 66% populasi dunia diproyeksikan tinggal di daerah perkotaan,” kata Iwan Sunito.

“Kita harus menyesuaikan diri dengan perubahan, dan saat merancang bangunan, kita harus sadar bahwa kebutuhan perumahan rakyat akan berkembang dari waktu ke waktu,” Kata Iwan Sunito, “Inovasi telah menjadi DNA kita selama bertahun-tahun, buktinya jelas dalam proyek yang telah kami selesaikan,” tegasnya.

“Kami dapat mengatakan, proyek kami di Ryde adalah salah satu tonggak sejarah bangunan tempat tinggal bertingkat tinggi di Sydney, karena Ryde adalah menara apartemen bergaya resor pertama yang terletak di atas pusat perbelanjaan di Sydney,” tegas Iwan.

“Dan tidak mengherankan jika Top Ryde City Living adalah salah satu Most Prestigious Award-Winning Residential Projects di Australia,” pungkas Iwan Sunito.

Aktivitas konstruksi  saat ini sangat kuat di NSW, ketika baru dimulai, jumlah apartemen yang sedang dibangun terus mengalami tren yang tinggi.

Cushman & Wakefield, salah satu perusahaan jasa real estat komersial terbesar di dunia, melalui Prospek Properti Ritel Australia 2017 menggambarkan, ritel campuran muncul sebagai kategori utama di lanskap ritel Australia. (RLS / Bagoes Rinthoadi)