Software jBatik Berdayakan 3000 Perajin Batik di Indonesia

IMG-20170826-WA0010-1

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Pencipta jBatik, Piksel Indonesia bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat menggelar Workshop Mendesain Batik dengan Software jBatik, Sabtu, (26/8/2017), di Aula BPPTK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat jalan Dr. Rajiman Bandung.

Workshop ini dihadiri 75 Guru-Guru SMK di bidang batik, kriya tekstil dan kulit, tatabusana, serta bidang informatika, animasi dan multimedia, Guru-guru SLB yang memiliki pelajaran membatik, dan Guru-Guru SMA di Jawa Barat.

Dalam Workshop ini, motif batik yang diperkenalkan adalah batik dari Jawa Barat yaitu Batik Garutan dan Batik Tasik.

Kepala Seksi Evaluasi dan Perencanaan BPPTK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Abur Mustikawanto mengatakan, Event ini baru pertama kali digelar bersama Piksel Indonesia dengan melibatkan sektor pendidikan SMK, SLB dan SMA se-Jawa Barat.

Perwakilan guru, Cucu Sutianah mengatakan, tujuan diadakan Workshop Mendesain Batik dengan Software jBatik adalah agar Sekolah SMK, SLB, dan SMA dapat lebih meningkatkan kreatifitas siswa, khususnya dengan berbagai inovasi dan pengetahuan mengenai batik.

Software jBatik adalah perangkat lunak desktop dengan sistem parametrik untuk menciptakan pola batik dan pola lainnya, jBatik menggunakan rumus fraktal untuk menghasilkan pola.

Pengguna dapat menggambar pola batik tradisional dan menghasilkan pola-pola baru dengan mengubah parameternya, perangkat lunak ini telah memenangkan beragam penghargaan internasional.

Software jBatik sudah digunakan untuk memberdayakan lebih dari tiga ribu perajin batik di Indonesia, para perajin dapat membuat variasi baru dari pola batik yang terinspirasi oleh pola tradisional Indonesia.

Sebagai alat bantu dalam mendesain, Piksel Indonesia melihat jBatik akan sangat membantu guru dan siswa di bidang batik dan kriya untuk mendesain beragam motif batik baru atau batik kontemporer.

IMG-20170826-WA0014-1

Siswa akan memiliki beragam bentukan desain baru menggunakan piranti lunak ini.

Piranti lunak ini sangat membantu dalam membuat beragam desain nirmana dan desain-desain motif dan animasi, jBatik sendiri memiliki kapabilitas 3D.

Siswa dapat bereksperimen membuat beragam bentukan baru dalam wujud 3D, dan mewujudkanya dalam bentuk perhiasan, atau dalam elemen arsitektural, baik dengan tangan atau menggunakan laser cutting, 3D printing, CNC, atau alat mekanikal lainnya.

Batik sendiri dapat dieksplorasi lebih jauh tidak hanya dari sudut kriya dan visual, tapi melalui sudut teknologi.

Software jBatik memiliki plugin yang dapat dikembangkan oleh siswa informatika untuk dieksplorasi lebih lanjut mengenai ragam hias nusantara, dan pewarnaan batik.

Bagi SMA, SLB dan SMK secara general, jBatik dapat menjadi alat bantu dalam memberikan pemahaman mengenai tradisi batik.

Gambar-gambar desain yang ditampilkan oleh jBatik dapat memberikan visualisasi tentang beragam jenis batik di Indonesia, yang pada gilirannya dapat memberikan pengertian mengenai keberagaman dan kekayaan budaya kita.

Selain itu siswa dapat berperan secara aktif membuat beragam desain-desain baru dari desain batik tradisional yang sudah ada.

Dengan sistem drag-drop dari library motif yang sudah ada, siswa dapat membuat beragam motif baru dengan mudah.

Proses belajar interaktif ini memungkinkan siswa bereksperimen dalam pelajaran yang berhubungan dengan budaya atau seni. (Lucky Ronaldi)