Karnaval Kemerdekaan di Bandung Bagaikan Legenda Sangkuriang

Karnaval 1ARCOM,CO.ID ,Bandung. Walikota Bandung Ridwan Kamil mengungkapkan, Karnaval Kemerdekaan yang akan berlangsung, Sabtu, (26/8/2017), mulai pukul 14.00 WIB di kota Bandung bagaikan legenda Sangkuriang, seperti diketahui legenda Sangkuriang menceritakan Dayang Sumbi yang memerintahkan sangkuriang membuat danau dan perahu dalam satu malam.

Hal ini diungkapkan Ridwan Kamil saat Press Conference Karnaval Kemerdekaan, Jumat, (25/8/2017), di Best Western Premier La Grande Hotel jalan Merdeka Bandung, turut hadir Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Kepala Staf  Kepresidenan Teten Masduki, Kurator Karnaval Kemerdekaan Aat Suratin, dan Budayawan Tisna Sanjaya.

“Persiapan kita untuk menggelar Karnaval Kemerdekaan di kota Bandung hanya satu minggu, mungkin Bandung dipilih karena terkenal dengan legenda Sangkuriang, ya seperti sulap,” kata Ridwan Kamil, “Bandung hanya kebagian tempat,” ujarnya.

Lebih lanjut Ridwan Kamil mengatakan, walaupun persiapan hanya sebentar, diperkirakan masyarakat yang akan menonton sekitar 50.000 orang, “Untuk keamanan akan ada 4000 personel keamanan,” ujarnya, “Karnaval diawali di Gedung Sate, Taman Vanda, dan berakhir di Alun-Alun, kemudian dilanjutkan Car Free Night,” ungkapnya.

Karnaval 2Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno selaku Ketua Karnaval Kemerdekaan sekaligus panitia nasional mengatakan, Karnaval Kemerdekaan pernah diselenggarakan di Pontianak dan Danau Toba, “Di tahun 2017 kita ingin mencari Benchmark, karena Bandung kota seni, maka karnaval kemerdekaan tahun ini diselenggarakan di kota Bandung,” kata Pratikno, “Tahun depan Karnaval Kemerdekaan akan diselenggarakan di pulau lain,” ujarnya.

Kepala Staf  Kepresidenan Teten Masduki mengatakan, Bandung di pilih menjadi tempat penyelenggaraan Karnaval Kemerdekaan karena Bandung gudangnya seniman, musik, kuliner, dan fashion, “Selain itu peserta Jember Festival, dan Tomohon akan ikut memeriahkan Karnaval Kemerdekaan di kota Bandung,” ujarnya.

Budayawan Tisna Sanjaya mengungkapkan dirinya mendapat tugas membuat kendaraan untuk Presiden RI Joko Widodo, “Saya mengerjakan proyek yang spektakuler, namun harap maklum bila nanti kendaraannya reyot, karena bahan bakunya lokal,” kata Tisna sambil tertawa, “Saya mengerjakan kendaraan untuk  Presiden Jokowi sampai tidak tidur,” ujarnya.

Diharapkan penyelenggaraan Karnaval Kemerdekaan di Bandung yang rencananya dihadiri Presiden RI Joko Widodo sebagai peserta karnaval tidak menyisakan sampah dan berlangsung aman dan tertib. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.