Kodiklat TNI AD Kenang Sejarah Perjuangan Melalui Karnaval dan Musik Keroncong

Kodiklat 2ARCOM.CO.ID ,Bandung. Dankodiklat TNI AD Letjen TNI Agus Kriswanto bersama personel Kodiklat TNI AD dalam rangka merayakan HUT RI ke-72 Tahun 2017 menyelenggarakan kegiatan hiburan kolaborasi sosio drama dan musik keroncong bertema mengenang sejarah perjuangan bangsa melalui musik keroncong Tempo Doeloe yang dimainkan para personel Kodiklat TNI AD dan Tim penyanyi Keroncong kota Bandung.

Kegiatan hiburan kolaborasi sosio drama dan musik keroncong yang diselenggarakan Kodiklat TNI AD berlangsung, Kamis pagi, (17/8/2017), di jalan Diponegoro / Depan Gedung Sate Bandung

Selain hiburan kolaborasi sosio drama dan musik keroncong, kegiatan ini disemarakan dengan pengerahan personel Kodiklat TNI AD serta Alutsista berupa Tank Leopard, Tarantula, AMX, Scorpion, Anoa, dan VW Kodok dari masyarakat kota Bandung.

Kodiklat 1Dankodiklat TNI AD Letjen TNI Agus Kriswanto mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan mengingat dan mengenang kembali situasi masa lalu pada saat masa-masa perjuangan kemerdekaan, “Dimana kita sebenarnya memiliki budaya dan kesenian yang sangat bernilai tinggi, salah satunya musik keconcong dan sikap perilaku masyarakatnya pada saat itu menunjukkan kebersamaan, gotong royong, silih asah dan silih asuh,” kata Dankodiklat.

“Nilai-nilai tersebut saat ini sudah mulai pudar, bahkan hilang terutama pada generasi muda saat ini,” ungkap Dankodiklat, “Diharapkan generasi muda kota Bandung bisa mengetahui dan mengingat kembali bahwa kita memiliki budaya yang luhur,” ujarnya.

Lebih lanjut Dankodiklat mengatakan, sosio drama yang dikolaborasikan dengan musik keroncong perjuangan tempo dulu menggambarkan berbagai macam kegiatan masa lalu, “Diantaranya ada yang berjualan makanan tempo dulu seperti kue balok, kue lapis, getuk, klepon, bubur, dawet, jamu, dan makanan rebusan lainnya,” ungkapnya, “Semua makanan ini dibagikan secara cuma-cuma kepada para pemain dan masyarakat sekitar yang melintas,” ujarnya.

Kodiklat 3Dankodiklat menambahkan, kegiatan ini menampilkan tentara Belanda dan noni Belanda, para pejuang 45, serta penampilan masyarakat pada masanya yang saling berbaur dan tetap bersatu sambil diiringi lantunan lagu-lagu keroncong tempo dulu.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan kegiatan pawai yang dilaksanakan dengan rute Gedung Sate menuju jalan Ir.H.Juanda (Dago), jalan RE Martadinata, jalan Citarum, jalan Aceh dan terakhir memasuki Makodiklat TNI AD.

Tujuan pawai yang melibatkan masyarakat, pemuda, pramuka dan pelajar ini adalah agar masyarakat kota Bandung mengetahui TNI AD saat ini sudah memiliki tank terbaru yaitu Tank Leopard.

Dankodiklat TNI AD Letjen TNI Agus Kriswanto dan jajarannya berharap, melalui hiburan dan pawai yang diselenggarakan dalam rangka merayakan HUT RI ke-72 Tahun 2017 dapat menjadi kenangan tersendiri yang tidak terlupakan oleh masyarakat kota Bandung sekitarnya, selain itu kegiatan ini dapat dijadikan sebagai landasan semangat kota Bandung untuk mengisi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan nilai-nilai budaya yang luhur, saling asah, asih dan saling asuh. (RLS / BRH)

Comments are closed.