Sahabat Kumkum Dideklarasikan di Kota Bandung

Kumkum 1ARCOM.CO.ID ,Bandung. Sahabat Koperasi Usaha Mikro, Kecil Usaha Menengah atau disingkat Sahabat Kumkum akhirnya dideklarasikan, Kamis, (10/8/2017), di RM Cibiuk jalan Soekarno Hatta Bandung.

Turut hadir, Sekretaris Kementerian Koperasi & UKM Agus Muharram, Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindag Kota Bandung Priana Wirasaputra,  Ketua Sahabat Kumkum Ipik Hasbullah, Klinik Konsultasi Bisnis EBI Arsyad Ahmad, dan Sekretaris Sahabat Kumkum Ahmad Dinar.

“Dari sekitar 2,4 juta warga kota Bandung, yang menjadi anggota Koperasi baru 500 ribu orang,” kata Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perindag Kota Bandung Priana Wirasaputra, “Selain itu ada ribuan koperasi yang tutup karena sudah tidak aktif,” ujarnya.

Lebih lanjut Priana mengatakan, ada peluang untuk mengajak warga bergabung menjadi anggota koperasi, “Namun kesehatan koperasi perlu ditingkatkan dan diawasi, termasuk praktek rentenir berwajah koperasi,” tegasnya.

Kumkum 2Mengenai Sahabat Kumkum, Priana mengatakan, pihaknya ingin koperasi maju, oleh karenanya Sahabat Kumkum perlu dilibatkan, “Saat ini tiada koperasi tanpa teknologi informasi,dan tiada koperasi tanpa transaksi, “Salah satu cara memajukan koperasi adalah saling transaksi, dan ini harus dijadikan budaya, saling memberikan apresiasi, dan saling membesarkan,” tegasnya, “Sahabat Kumkum hadir untuk menjadi mitra pemerintah,” ujarnya.

“Sahabat Kumkum merupakan bagian peran serta masyarakat dalam berbagai aspek, karena tanpa ada peran serta dukungan masyarakat, program pemerintah tidak akan berjalan dengan baik,” ungkap Priana.

Sekretaris Sahabat Kumkum Ahmad Dinar mengatakan, Sahabat Kumkum digagas oleh masyarakat terutama masyarakat dunia usaha yang ingin usaha mereka menjadi maju, “Walaupun saat ini sudah banyak organisasi yang mendorong pelaku usaha, Sahabat Kumkum fokus bagi pelaku usaha di kota Bandung,” tegasnya.

Ahmad Dinar berharap, sebagai mitra pemerintah khususnya di dunia UMKM, Sahabat Kumkum bisa didengar, “Pemerintah bisa membantu kendala kita dilapangan, karena sinergitas diperlukan agar pelaku usaha khususnya di kota Bandung bisa maju, tumbuh dan berkembang,” ujarnya, “ Untuk pelaku usaha, UMKM dan koperasi, silahkan bergabung ke Sahabat Kumkum untuk memajukan dunia koperasi,” pungkas Ahmad Dinar. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.