Kopi Yufeto Berawal Dari Bisnis Katering

Screenshot_2017-09-27-14-19-00-1

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Akhirnya Yufeto Catering membuka Coffee Shop sekaligus Restoran yang diberi nama Kopi Yufeto di jalan Prof. Eyckman no. 3 Bandung.

Kopi Yufeto yang buka sejak pukul 7 pagi menyajikan menu-menu katering seperti, Gindara Batayaki, Chicken Roll Salmon, Nasi Liwet Solo, dan Gado-gado, sedangkan untuk menu sarapan, Kopi Yufeto menyajikan menu tradisional seperti, Lontong Cap Gome, Lontong Kari Ayam, Nasi Kuning, dan Roti Sumber Hidangan.

Yufeto sendiri merupakan kependekan nama dari ketiga anak Bu Hendrawati Adji (Bu Wati), Yufeto Catering berawal di tahun 1972 dari usaha kecil-kecilan, dengan konsumen anak kost dan pegawai bank.

Pada tahun 1980 usaha kecil-kecilan tersebut terpaksa harus berhenti karena Bu Wati harus hijrah ke Jepang untuk menyusul suami yang sedang meneruskan studi disana.

Karena bakat dan hobi memasak, Bu Wati bekerja di restoran Jepang setempat sambil belajar membuat masakan Jepang dengan dibantu para koki yang bekerja di Jepang.

Tahun 1983 Bu Wati dan keluarga pulang ke Indonesia, dengan bekal ilmu memasak yang didapatkan di Jepang, Bu Wati kembali melanjutkan usaha yang pernah dirintisnya selama 8 tahun.

Namun pada waktu itu bukan lagi usaha kecil-kecilan yang dia lanjutkan, tetapi usaha Catering yang ia beri nama Yufeto Catering.

Pelanggan pertama Yufeto Catering adalah kerabat Bu Wati sendiri yang memesan 2000 pax menu Sukiyaki dan Yakiniku, Bu Wati mengerjakannya dibantu keluarga dan para tetangga, karena belum mempunyai pegawai tetap.

Berkat ketekunannya, kini usaha Yufeto Catering terus berkembang, bahkan selebriti Indonesia sering menggunakan jasa Yufeto Catering.

Saat ini usaha Yufeto Catering di lanjutkan oleh anak bungsu Bu Wati.

Kini seiring berjalannya waktu, Yufeto Catering membuka tempat baru yaitu Kopi Yufeto.

Kopi Yufeto menyajikan makanan khas Yufeto Catering dan menyajikan 100 persen kopi Arabica.

Apakah yang membedakan Beans Arabica dan Robusta, sehingga Kopi Yufeto hanya menyajikan kopi Arabica.

Arabica dan Robusta adalah dua jenis beans diantara jenis beans yang lain seperti Liberica dan Excelsa, Liberica dan Excelsa sangat sedikit sekali world production-nya.

Kopi Arabica sendiri sekitar 70% dunia yang memproduksi dan mengkonsumsinya, sedangkan 30% nya mengkonsumsi dan memproduksi kopi Robusta.

Mengapa bisa sebanyak itu, karena kopi Arabica di tanam di atas gunung sekitar 700-1700 mdpl, karena yang perlu diketahui mengenai jenis kopi ini adalah mengenai aspek kepekaan terhadap jenis penyakit karat daun atau lebih dikenal dengan HV atau Hemileia Vastatrix, terutama bila ditanam pada daerah yang memiliki elevasi kurang dari 700 mdpl.

Ini yang menyebabkan Beans Arabica rendah kafein-nya dan tidak menyebabkan kembung atau asam lambung naik.

Sedangkan Robusta di tanam di bawah 700 mdpl karena buahnya akan tumbuh di tempat hangat, itulah yang menyebabkan kafeinnya tinggi dan rasa lebih bold tidak seperti Arabica yang memiliiki rasa lebih ke fruity.

Jadi kopi Arabica cozy dan kaya akan rasa, sedangkan Robusta lebih pekat dan pahit.

Di Kopi Yufeto sendiri banyak menu coffee yang Recommend, “Magic” adalah salah satu Recommend yang penyajiannya menggunakan Coffee Machine dan V60 yang termasuk golongan dari Manual Brew yang melalui tehnik Pour Over dengan dripper dan filter yang berbentuk “V” dan mempunyai sudut 60º. (RLS / BRH)

Comments are closed.