Memaknai Sumpah Pemuda, EIGER Adakan Ekspedisi 28 Gunung

eigerARCOM.CO.ID ,Bandung. Brand Adventure terbesar di Indonesia EIGER memaknai Sumpah Pemuda dengan cara yang berbeda, yaitu mengadakan ekspedisi ke 28 gunung sekaligus mengadakan upacara bendera secara serentak di kawasan 28 gunung di Indonesia tepat pada 28 Oktober 2017.

Hal ini terungkap saat Press Conference Ekspedisi 28 Gunung sekaligus Upacara Bendera, Sabtu, (28/10/2017), di EIGER Adventure Flagship Store  jalan Sumatera Bandung.

Turut hadir, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Muhammad Herindra, Walikota Bandung Ridwan Kamil, CEO EIGER Ronny Lukito, Ketua Tim Ekspedisi 28 Gunung Galih Donikara, dan CEO MURI Jaya Suprana.

“Kegiatan Ekspedisi 28 Gunung dilakukan tentunya untuk Indonesia, semoga kegiatan ini menjadi kebanggaan bangsa Indonesia,” kata CEO EIGER Ronny Lukito dalam sambutannya, “Indonesia yang sangat kaya ini harus terus kita maknai dan terus kita agungkan,” tegasnya, “Pastinya EIGER memiliki cara tersendiri dalam mengisi kemerdekaan dan menunjukkan kecintaan kepada Indonesia,” ujarnya.

Lebih lanjut Ronny Lukito mengatakan, EIGER akan selalu konsisten mengenalkan keragaman hayati di Indonesia, “Hal ini dilakukan karena keragaman hayati di Indonesia menjadi bahan penelitian untuk produk-produk EIGER agar dapat berbicara banyak di pasar dunia,” ujarnya, “Semoga produk-produk EIGER dapat go internasional agar lebih dikenal di seluruh dunia, dan kami memiliki tekad di tahun 2021 EIGER harus menjadi brand terkenal di dunia,” pungkasnya.

Ketua Tim Ekspedisi 28 Gunung Galih Donikara mengatakan, kegiatan Ekspedisi 28 Gunung  yang diselenggarakan EIGER dalam momen Sumpah Pemuda diikuti 120 pendaki dari tim inti dari 28 komunitas di Indonesia, “Tetapi yang terlibat dalam Ekspedisi 28 Gunung ratusan orang karena ekspedisi satu gunung melibatkan 40 orang,” ujarnya.

Lebih lanjut Galih Donikara mengungkapkan, Ekspedisi 28 Gunung telah dipersiapkan selama enam bulan, “Tidak ada kendala dalam persiapan kegiatan ini, semua lancar mulai dari persiapan hingga pendakian,” ujarnya., “Terbukti prosesi upacara bendera dan pembacaan naskah Sumpah Pemuda di 28 gunung di Indonesia berjalan lancar,” tegasnya.

“Ekspedisi 28 Gunung menjelajah berbagai kawasan Gunung di pulau Sumatera seperti, Gunung Kemiri di Aceh, Gunung Sibuatan di Sumatera Utara, Gunung Talang di Sumatera Barat, Gunung Kerinci di Jambi, Gunung Masurai di Jambi, Gunung Dempo di Sumatera Selatan, Gunung Patah di Bengkulu, dan Gunung Pasagi di Lampung,” kata Galih Donikara.

“Untuk pulau Jawa Ekspedisi 28 Gunung menjelajah Gunung Pulosari di Banten, Gunung Ciremai di Jawa Barat, Gunung Slamet di jawa Tengah, Gunung Semeru di Jawa Timur, dan Gunung Merapi di Yogyakarta,” kata Galih Donikara.

“Untuk pulau Kalimantan Ekspedisi 28 Gunung menjelajah Gunung Palung di Kalimantan Barat, Gunung Halau-Halau di Kalimantan Selatan, dan Gunung Beriun di Kalimantan Timur,” kata Galih Donikara, “Untuk pulau Sulawesi Ekspedisi 28 Gunung menjelajah Gunung Klabat di Sulawesi Utara, Gunung Tambusisi di Sulawesi Tengah, Gunung Rore Katimbu di Sulawesi Tengah, Gunung Gandang Dewata di Sulawesi Barat, Gunung Mekongga di Sulawesi Tenggara, dan Gunung Latimojang di Sulawesi Selatan,” ujarnya.

“Untuk kepulauan Sunda Kecil Ekspedisi 28 Gunung menjelajah Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat, Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat, Gunung Koya-Koya di Nusa Tenggara Timur, Gunung Kelimutu di Nusa Tenggara Timur, dan Gunung Binaiya di Maluku,” kata Galih Donikara, “Sedangkan di Papua Ekspedisi 28 Gunung menjelajah Gunung Carstensz,” ujarnya.

“Pemilihan ke-28 gunung ini memang memiliki alasan khusus yaitu gunung-gunung ini mewakili keanekaragaman hayati medan tropis Indonesia,” ungkap Galih Donikara, “Nantinya hasil akhir kegiatan Ekspedisi 28 Gunung akan dibuat buku dan akan dibagikan untuk para penggiat alam bebas khususnya para pendaki gunung,” pungkasnya.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Muhammad Herindra mengatakan, dirinya bangga terhadap para pemuda yang terlibat dalam kegiatan Ekspedisi 28 Gunung, “Teruslah berkarya untuk Indonesia karena kegiatan seperti ini dapat memacu para pemuda Indonesia lainnya,” ujarnya, “Saya akan terus mendukung kegiatan seperti ini,“ kata Pangdam.

CEO MURI Jaya Suprana mengatakan,  hingga saat ini belum ada yang mampu dan berhasil menaklukan 28 gunung hanya dalam satu hari, “Ekspedisi 28 Gunung layak diberi anugerah rekor dunia oleh MURI,” tegasnya, “MURI memberikan anugerah kepada EIGER yaitu pencapaian Pembacaan Teks Sumpah Pemuda Secara Serentak di Kawasan Gunung Indonesia Terbanyak,” pungkasnya. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.