Ratusan Siswa SMAN 3 Cimahi Peringati Hari Kesaktian Pancasila

sma cimahiARCOM.CO.ID ,Cimahi. Ratusan siswa-siswi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Cimahi memperingati Hari Kesaktian Pancasila dengan menggelar nonton bareng (nobar) Film dokumenter Pengkhianatan G30S/PKI, Senin, (2/10/2017), di SMAN 3 Cimahi jalan Pesantren Cimahi, sebelum nobar pihak sekolah mengadakan kegiatan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dengan turut mengundang pihak TNI.

Sebelum menonton Film dokumenter Pengkhianatan  G30S/PKI, para siswa melakukan olahraga terlebih dahulu, tujuanya agar pada saat menonton terasa lebih segar dan khidmat.

Salah satu siswi di SMAN 3 Cimahi Vina Novita sengaja menonton Film dokumenter ini agar mengetahui sejarah yang terjadi ditahun 1965 silam, “Jadi kami sebagai pelajar memaknai peringatan Hari Kesaktian Pancasila dengan menonton Film dokumenter ini,” kata Vina ketika ditanya di sela-sela kegiatan nobar.

Vina Novita mengapresiasi kegiatan nobar ini, karena dengan kegiatan seperti ini, selain bisa menambah wawasan, juga bisa mengenang tragedi yang menimpa para pahlawan revolusi saat dibantai komunis 52 tahun silam, “Cukup bagus, saya jadi bisa menambah pemahaman tentang sejarah perjuangan para pahlawan dulu,”  kata Vina Novita yang merupakan siswi IPS kelas 12.

sma cimahi 2Meski acara ini tidak  diperingati di hari Minggu 1 Oktober 2017, namun tidak mengurangi makna peringatan Hari Kesaktian Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, yaitu mengenang jasa para Pahlawan Revolusi yang gugur terbunuh karena kekejaman Komunis 52 tahun silam.

“Dalam rangka memperingati Kesaktian Pancasila yang sebenarnya jatuh pada tanggal 1 Oktober kemarin, sebenarnya kita ingin memaknai dengan beberapa kegiatan, pertama Upacara Bendera dengan mengundang pihak Kodim, kedua anak-anak kelas tiga menonton Film Pengkhianatan G30S/PKI sekaligus mempersiapkan ujian tengah semester,” kata Kepala Sekolah SMAN 3 Cimahi Nelly Krisdiyana.

Pihak SMAN 3 Cimahi sengaja memperingati Hari Kesaktian Pancasila dengan menonton filem dokumenter Pengkhianatan G30/SPKI, selain sedang hangat diperbincangkan di media, juga agar para siswa bisa langsung mengetahui tragedi yang terjadi di lubang buaya 52 tahun silam.

“Kita memilih Film ini karena memang sekarang lagi hangat diperbincangkan di media, selain itu para siswa banyak yang masih belum tahu bagaimana Film Pengkhianatan G30S/PKI itu sendiri, sehingga sangat penting untuk ditonton, dipelajari dan diwaspadai,” ungkap Nelly Krisdiyana.

Usai menonton Film, para siswa bisa langsung bertanya kepada guru mereka, sehingga memiliki pembanding antara yang ditonton dengan sejarah yang mereka pelajari di sekolah, setelah menonton Film ini diharapkan para siswa dapat mengetahui apa yang harus diwaspadai dari bahaya laten Komunis. (Saifal)

Comments are closed.