Berawal Dari Bandung, “Soto Sedari” Siap Menduniakan Soto Indonesia

sedari 1ARCOM.CO.ID ,Bandung. Founder Soto Sedari Reza Noviana mengatakan, Soto Sedari yang didirikan bersama rekannya memiliki impian untuk menduniakan Soto Indonesia menjadi makanan ciri khas nomor satu Indonesia di mata dunia.

Hal ini diungkapkan Reza Noviana saat perkenalan Soto Sedari kepada awak Media Bandung, Kamis, (2/11/2017), di Soto Sedari jalan Jendral Sudirman 624 Bandung.

“Saya dan rekan membuat Soto Sedari karena mendapat informasi dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bahwa Presiden RI Joko Widodo akan menduniakan Soto dari Indonesia, maka kita ambil peluang ini dengan membuat Soto Sedari,” ungkap Reza Noviana.

Lebih lanjut Reza Noviana mengatakan, jenis soto di Indonesia ada 72 jenis, namun karena membuat standar rempah soto sulit, maka Soto Sedari untuk awal membuat tiga jenis soto, yaitu Soto Pedas, Soto Betawi, dan Soto Boyolali,  “Kita memilih tiga jenis soto ini karena masukan dan selera para pengunjung, maka akhirnya kita fokus ke tiga jenis soto ini,” ujarnya, “Untuk selanjutnya, Soto Sedari akan menambah jenis soto baru, seperti Soto Makassar, Soto Padang, Soto Bogor, dan Soto Banjar,” ujarnya.

sedari 3Reza Noviana mengungkapkan, Soto Bandung hingga saat ini belum dihadirkan oleh Soto Sedari, karena Soto Bandung kurang citarasa, “Soto Bandung itu isinya hanya lobak, daging, dan kacang kedelai, namun ke depannya Soto Sedari akan membuat Soto Bandung,” tegasnya.

Reza Noviana mengatakan, Soto Sedari ke depan variasi sotonya akan semakin banyak, “Selain itu Soto Sedari pelayanannya cepat, murah dan lokasinya terjangkau,” ujarnya, “Soto Sedari mempunyai rencana ekspansi di beberapa titik di kota Bandung,” ungkapnya.

Mengenai pengunjung, Reza Noviana mengungkapkan, awalnya Soto Sedari hanya menargetkan pengunjung Chinese 40 persen, “Namun pengunjung yang datang ke Soto Sedari 80 persen Chinese,” ungkapnya.

Mengenai rahasia kelezatan Soto Sedari, Reza Noviana mengungkapkan, kuah Soto Sedari tidak menggunakan santan tetapi menggunakan susu bubuk full cream, “Selain itu kami menyajikan taburan bawang goreng yang rasanya lebih enak,” ujarnya.

sedari 2Di akhir paparannya Reza Noviana mengatakan, Soto Sedari percaya diri hadir di kota Bandung karena memiliki inovasi-inovasi dalam menghidangkan soto dari Indonesia, “Di Soto Sedari pengunjung akan merasa seperti di masa kecil ketika pertama kali makan soto buatan ibu,” ungkapnya.

Reza Noviana mengatakan, untuk hal inovasi, Soto Sedari menyajikan soto yang diberi bakso, “Soto dengan bakso murni inovasi kami, awalnya ingin kami beri nama soto bakso, namun soto dan bakso karakternya kuat maka kita beri nama Soto Bulat,” ujarnya, “Selain itu kami mempunyai soto andalan yaitu Soto Oseng,” pungkasnya.

Soto Sedari berawal dari sebuah warung kaki lima di kota Bandung di tahun 2004, resep Soto Sedari diracik spesial oleh tangan-tangan yang sudah berpengalaman selama belasan tahun, Soto Sedari sendiri singkatan dari “Semangkok Dari Indonesia”. (BRH)

Comments are closed.