Kopi Yufeto Tempat Sarapan Pagi Sambil Minum Kopi di Kawasan Cipaganti Bandung

Yufeto 1ARCOM.CO.ID ,Bandung. Masyarakat kota Bandung dan luar kota Bandung kini dapat menikmati sarapan pagi lezat sambil minum kopi berkualitas di Kopi Yufeto milik tiga bersaudara, Tony ‘Kewoy’ Martawidjaja (pengusaha katering/koki), Yuki Arifin Martawidjaja (Vokalis Pas Band), dan Ferry Iskandar Martawidjaja (mantan vokalis ME Voice), di jalan Prof. Eyckman No. 3 (kawasan Cipaganti) Bandung.

Kopi Yufeto yang terkenal akan minuman kopinya, dan masakan dari Jepang serta masakan Indonesia, telah menggelar Opening Session, Rabu, (29/11/2017), di Kopi Yufeto jalan Prof. Eyckman No. 3 Bandung, turut hadir keluarga besar Martawidjaja, rekan dan kerabat para Owner, Blogger, serta para awak media baik cetak, televisi, maupun Online.

“Biasanya Restoran dan Cafe di kota Bandung menyediakan menu sarapan ala Western (barat) seperti roti-rotian dan sandwich, sekarang ada Kopi Yufeto yang menyediakan menu sarapan seperti nasi kuning, lontong kari, bubur ayam dan menu-menu katering lainnya,” kata Tony ‘Kewoy’ Martawidjaja atau biasa disapa Toni Kewoy saat sesi wawancara, “Yang membuat beda dengan tempat lainnya, Kopi Yufeto selain menyediakan menu sarapan pagi juga menyediakan kopi-kopi berkualitas, jadi pengunjung yang ingin minum kopi setelah sarapan tidak perlu pindah tempat lagi untuk mencari tempat ngopi, cukup bersantai di Kopi Yufeto,” ujarnya.

Lebih lanjut Toni Kewoy mengatakan, saat ini Kopi sedang Happening di kota Bandung, “Kopi Yufeto menyajikan kopi dari Sulawesi dan Kalimantan, namun untuk Manual Brewing Kopi Yufeto menyajikan kopi dari Jawa Barat,” ujarnya, “Untuk harga makanan dan minuman di Kopi Yufeto, mulai dari Rp.10.000 untuk minuman, dan Rp.15.000 untuk makanan,” ungkapnya.

“Sebelum Kopi Yufeto berdiri kita sudah memiliki Katering Yufeto, dan sejak tahun 2016, di setiap acara Wedding, Katering Yufeto sudah mulai memperkenalkan Manual Brewing yang menyajikan kopi asal Jawa Barat,” pungkasnya.

Yufeto 2Yuki Arifin Martawidjaja yang juga Vokalis Pas Band mengatakan, klien Katering Yufeto hingga saat ini sudah banyak, karena katering Yufeto sudah berdiri puluhan tahun, “Sehingga pengunjung Kopi Yufeto banyak dari klien-klien Katering Yufeto dan teman-teman pemusik dan artis,” ungkap Yuki, “Kopi Yufeto banyak memiliki menu andalan seperti Sukiyaki dan masakan Jepang lainnya,” ujarnya.

“Selain sebagai tempat makan dan ngopi, Kopi Yufeto bisa digunakan untuk kumpul-kumpul berbagai komunitas, diantaranya komunitas Komuji atau Komunitas Musisi Mengaji,“ ungkap Yuki Pas Band, “Kopi Yufeto sendiri sudah melakukan Trial untuk Live Music, dan rencananya di Kopi Yufeto akan menghadirkan Live Musik setiap hari Jumat dan Sabtu,” ujarnya.

Ferry Iskandar Martawidjaja yang merupakan mantan vokalis ME Voice mengatakan, Kopi Yufeto menyajikan kopi untuk anak-anak muda, “Kopi Yufeto menyajikan kopi-kopi yang familiar di kalangan anak-muda,” ungkapnya, “Kopi Yufeto juga menghadirkan Es Kopi Susu yang saat ini harganya masih harga promosi yaitu Rp.15.000, jadi tidak perlu ke Jakarta untuk menikmati Es Kopi Susu, cukup datang ke Kopi Yufeto,” pungkasnya.

Kopi Yufeto buka mulai pukul 7 pagi, dan menyajikan menu-menu katering seperti, Gindara Batayaki, Chicken Roll Salmon, Nasi Liwet Solo, dan Gado-gado, sedangkan untuk menu sarapan, Kopi Yufeto menyajikan menu tradisional seperti, Lontong Cap Gome, Lontong Kari Ayam, Nasi Kuning, dan Roti Sumber Hidangan.

Yufeto merupakan kependekan nama dari ketiga anak Bu Hendrawati Adji (Bu Wati) dan Martawidjaja, yaitu Yuki, Ferry, dan Tony, Yufeto Catering berawal di tahun 1972 dari usaha kecil-kecilan di garasi rumah, dengan konsumen anak kost dan pegawai bank.

yufeto 3Pada tahun 1980 usaha kecil-kecilan tersebut terpaksa harus berhenti karena Bu Wati harus hijrah ke Jepang untuk menyusul suami yang sedang meneruskan studi disana, karena bakat dan hobi memasak, Bu Wati bekerja di restoran Jepang setempat sambil belajar membuat masakan Jepang dengan dibantu para koki yang bekerja di Jepang.

Tahun 1983 Bu Wati dan keluarga pulang ke Indonesia, dengan bekal ilmu memasak yang didapatkan di Jepang, Bu Wati kembali melanjutkan usaha yang pernah dirintisnya selama 8 tahun, namun pada waktu itu bukan lagi usaha kecil-kecilan yang dia lanjutkan, tetapi usaha Catering yang ia beri nama Yufeto Catering.

Pelanggan pertama Yufeto Catering adalah kerabat Bu Wati sendiri yang memesan 2000 pax menu Sukiyaki dan Yakiniku, Bu Wati mengerjakannya dibantu keluarga dan para tetangga, karena belum mempunyai pegawai tetap, berkat ketekunannya, kini usaha Yufeto Catering terus berkembang, bahkan selebriti Indonesia sering menggunakan jasa Yufeto Catering.

Kini seiring berjalannya waktu, Yufeto Catering membuka tempat baru yaitu Kopi Yufeto, Kopi Yufeto menyajikan makanan khas Yufeto Catering dan menyajikan 100 persen kopi Arabica, banyak menu coffee yang Recommend, “Magic” adalah salah satu Recommend yang penyajiannya menggunakan Coffee Machine dan V60 yang termasuk golongan dari Manual Brew yang melalui tehnik Pour Over dengan dripper dan filter yang berbentuk “V” dan mempunyai sudut 60º. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.