Danlantamal III Persilahkan Pejabat Baru Danlanal Bandung Berkreatifitas

20171227_090347

ARCOM.CO.ID ,Bandung. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta, Laksamana Pertama TNI Muhammad Richad mempersilahkan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Bandung Letkol Laut (P) Sunar Solehuddin berkreatifitas dalam melaksanakan berbagai kegiatan di Pangkalan TNI Angkatan Laut Bandung.

Hal ini diungkapkan, Danlantamal III kepada para awak media seusai upacara serah terima jabatan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Bandung dari pejabat lama Kolonel Laut (P) Eko Vidiyantho kepada pejabat baru Letkol Laut (P) Sunar Solehuddin, Rabu (27/12/2017), di Lapangan Mess Pati TNI AL RE Martadinata Jalan Setiabudhi Bandung.

Turut hadir, Kasgartap II/Bandung Marsma TNI Taspin Hasan S.AP, Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Hendro Pandowo, Dandim.0618/BS Kolonel Inf Arfin Dahlan. Dansatbrimob Polda Jabar, Dirpolairud Polda Jabar, Pejabat Lantamal Ill Jakarta, para Danlanal jajaran Lantamal Ill.

“Saya berharap Danlanal Bandung akan lebih bagus lagi, dan silahkan Komandan yang baru untuk berkreatifitas, karena Lanal Bandung mempunyai Authority atau kewenangan dalam melaksanakan berbagai kegiatan di Lanalnya sendiri,” kata Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta, Laksamana Pertama TNI Muhammad Richad.

“Semua tergantung Danlanal Bandung yang baru untuk bersinergi dengan Polri, Pemerintah dan masyarakat,” ujar Danlantamal III.

“Saya berharap, Lanal Bandung senantiasa responsive, antisipatif, dan adaptif terhadap perubahan kondisi Iingkungan strategis yang terjadi, sehingga dapat menampilkan kinerja yang lebih baik dan membanggakan dari waktu ke waktu,” tegas Danlantamal III.

“Selain itu, tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan Moral dan Etika dalam pelaksanaan tugas, kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” kata Danlantamal III.

“Ciptakan Iingkungan kerja yang kondusif, aspiratif dan komunikatif serta berpegang teguh pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Trisila TNI AL dalam melaksanakan tugas,” ujar Danlantamal III.

“Tingkatkan profesionalisme, jiwa korsa, kerjasama dan koordinasi dengan TNI/Polri dan aparat lainnya di wilayah kerjanya masing-masing agar tugas pokok Lanal Bandung dapat dilaksanakan secara Iancar dengan hasil yang lebih baik,” kata Danlantamal III.

20171227_091222

“Tingkatkan pembinaan dan penegakan disiplin prajurit disertai sanksi yang tegas dan proporsional dalam rangka membangun citra positif TNI Angkatan Laut,” tegas Danlantamal III.

“Bina seluruh anak buah dan keluarganya agar dapat hidup berdampingan dengan masyarakat,” ujar Danlantamal III.

Lebih lanjut Danlantamal III mengatakan, pihaknya memberdayakan apa saja yang bermuara di laut, “Seperti beberapa waktu yang lalu kami melakukan bebersih di Sungai Citarum, dan ke depan kita akan laksanakan kegiatan yang lebih bagus lagi,” ujarnya.

“Kita memiliki kapal-kapal di pesisir pantai selatan, dan kapal-kapal di sana akan bergerak sesuai instruksi Danlanal,” ungkap Danlantamal III, “Apabila ada suatu kejadian yang melanggar hukum di laut maka pasti akan ada penindakan hukum,” tegasnya, “Informasi dari masyarakat sangat penting, dan apabila menemukan tindakan melanggar hukum di laut, segera laporkan ke Lanal sehingga dapat dilakukan suatu penindakan,” tegasnya.

Mengenai penyelundupan di laut, Danlantamal III mengungkapkan, penyelundupan saat ini mengalami penurunan, namun pihaknya tidak mungkin membersihkan penyelundupan 100 persen, “Dengan adanya penindakan, kita harapkan penyelundupan berkurang secara signifikan,” ujarnya.

Mengenai sungai Citarum Danlantamal III mengatakan, Citarum bisa terjadi pendangkalan yang berasal dari sampah-sampah, “Maka instansi pemerintah daerah, TNI, Polri, harus bisa memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai,” kata Danlantamal III.

“Laut akan menjadi kotor apabila sungainya kotor, karena semua kotoran mengalir ke laut, maka agar laut bersih maka sungainya harus bersih, bila bersih masyarakat juga yang akan menikmati,” kata Danlantamal III, “Bila sungai Citarum bersih, maka bisa dijadikan obyek wisata,” pungkas Danlantamal III.

Sebelum menjabat sebagai Danlanal Bandung, Letkol Laut (P) Sunar Solehuddin berdinas sebagai Palaksa Denma Mabesal, sedangkan Kolonel Laut (P) Eko Vidiyantho bertugas sebagai Sahli Pang A Wilnas Koarmabar. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.