Indonesia Juara Umum Karate Shoto Open Tournament 2017

k1ARCOM.CO.ID ,Bandung. Akhirnya kontingen karate INKANAS Indonesia meraih gelar juara umum Karate Shoto Open Tournament 2017 yang digelar selama tiga hari di Sasana Budaya Ganesha Bandung, (15-17/12/2017).

Kontingen INKANAS Indonesia  meraih 29 medali emas, 27 medali perak, dan 47 medali perunggu, dengan hasil ini total raihan medali kontingen INKANAS Indonesia sulit dikejar JKS Japan yang hanya meraih medali 11 emas, 2 perak dan 3 perunggu.

Ketua Umum PB INKANAS (Institut Karate-Do Nasional) Jend.Pol.(Purn) Badrodin Haiti ketika ditemui para awak media, Minggu, (17/12/2017), di Sabuga Bandung mengatakan, secara kuantitas Indonesia cukup baik, dan hanya perlu pembenahan dari segi teknik.

Mengenai seminar karate di Indonesia Karate Shoto Open Tournament & Seminar 2017, Badrodin Haiti mengatakan, karateka Indonesia sudah mempunyai modal dasar, namun bagaimana karateka Indonesia bisa meningkatkan kualitas teknik karate.

k2“Berdasarkan penilaian guru-guru besar Karate dari Jepang, Indonesia harus memperbaiki teknik dasar karate,” ungkap Badrodin Haiti, “Dalam seminar karate akan diperagakan teknik-teknik pengembangan baru karate,  nantinya para karateka Indonesia gerakannya akan ada perbaikan, koreksi, dan motivasi, melalui teknik baru yang disampaikan oleh guru besar karate dari Jepang,” ujarnya, “Seminar Karate dilaksanakan untuk memperbaiki lemahnya teknik dasar para karate Indonesia, dan oleh guru besar dari Jepang akan diperbaiki kualitas dan kuantitasnya,” tegasnya.

“Teknik karateka Indonesia memang sangat tergantung dari pelatih, maka dasarnya harus diperkuat, karena dalam pertandingan karate kesalahan teknik menjadi penilaian,” ungkap Badrodin Haiti, “Namun saya optimis karateka Indonesia bisa menyamai karateka Jepang,” tegasnya.

“Karateka Indonesia sudah cukup bagus namun porsi latihan teknis harus benar, seperti bagaimana pukulan bisa mengumpulkan kekuatan yang besar, jadi bukan hanya kecepatan,” kata Badrodin Haiti, “Dengan kehadiran guru besar karate Jepang, para peserta Karate Shoto Open Tournament & Seminar dapat belajar mengenai teknik karate yang benar,” pungkasnya.

Pelatih Karate Jepang Susheki Shihan Masao Kagawa ketika diwawancara melalui penejermahnya mengatakan,  Karateka Indonesia memiliki  potensi besar untuk bersaing dengan Jepang, “Tetapi karateka Indonesia masih haru belajar teknik-teknik dasar karate,” ujarnya.

k3“Karateka Indonesia sudah bagus, namun teknik dasar harus diperbaiki, karena teknik dasar tidak hanya diingat oleh otak, namun diingat oleh badan sehingga menghasilkan gerakan sempurna,” tegas Susheki Shihan Masao Kagawa.

“Karateka Indonesia memiliki banyak kekurangan di teknik dasar Karate Shoto, namun selama tiga hari pertandingan,  perkembangan karateka Indonesia cukup meningkat,” kata Susheki Shihan Masao Kagawa.

“Karateka Indonesia sudah bagus, hanya penguasaan teknik dasar karate kurang, maka harus terus dipelajari,” ujar Susheki Shihan Masao Kagawa, “Dalam seminar karate saya akan membagikan teknik-teknik dasar karate seperti Kata dan Kumite,” pungkasnya.

Seminar karate di Indonesia Karate Shoto Open Tournament & Seminar 2017 diikuti seribu karateka, para karateka baik anak-anak hingga dewasa dengan serius mengikuti gerakan yang diperagakan Susheki Shihan Masao Kagawa, seminar karate ini merupakan kesempatan langka bagi para karateka Indonesia. (Bagoes Rinthoadi)

Comments are closed.